Friday, January 7, 2011

Bagi anda yang masih muda dan ingin kaya: ikuti aturan berikut !

Ketika mengunjungi website the Simple Dollar, saya menemukan sebuah artikel menarik tentang keuangan pribadi (personal finance). Karena saya ingin anda lebih kaya dari keadaan keuangan anda sekarang, saya coba kutipkan saran yang bisa diterapkan di Indonesia (saran tentang dana pensiun, misalnya, tidak bisa diterapkan di Indonesia karena disini tidak ada aturan yang mendukungnya). Beberapa aturan keuangan yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Bila anda ingin meng-upgrade rumah anda, agar nilai jualnya meningkat, gunakan material berkualitas dan desain yang kohesif. Perbaikan pada kamar mandi dan dapur akan memberikan tambahan nilai jual paling besar.
  2. Jangan melakukan pembiayan ulang KPR (kredit pemilikan dumah anda),  kecuali jika Anda dapat mengurangi biaya keseluruhan termasuk biaya tambahan karena refinancing tersebut.
  3. Bila anda membeli rumah dengan KPR, total hutang jangan lebih dari dua setengah kali dari total pendapatan Anda dalam setahun. Untuk uang muka, jangan kurang dari 20% kecuali jika suku bunga pinjaman lain lebih murah atau anda bisa berinvestasi dengan penghasilan yang lebih besar.
  4. Pembayaran KPR rumah anda tidak boleh melebihi 30% dari pendapatan bersih Anda. Jumlah keseluruhan cicilan hutang (bila anda punya beberapa hutang) tidak boleh melebihi 40% dari penghasilan bersih Anda.
  5. Jangan pernah menyuruh orang untuk memberikan pelayanan sederhana dirumah (tukang listrik, tukang pompa air, tukang kebon, dll)  jika tidak ada referensi dari orang yang anda percayai.
  6. Jika anda seorang karyawan dan ingin berinvestasi, maka persentase uang (tabungan) anda yang perlu anda investasikan adalah 120 dikurangi umur anda sekarang.
  7. Jika anda tidak mengerti soal investasi dalam saham, mutual funds, SUN, obligasi, dll,  lakukan penelitian sebelum anda berinvestasi, jangan asal membeli.
  8. Tabung setidaknya 20% dari semua pendapatan Anda. Bila kurang dari itu berarti Anda tidak cukup menabung.
  9. Simpan dalam tabungan uang senilai dua bulan biaya hidup untuk setiap orang dalam rumah tangga Anda. Jadi, jika anda mempunyai 4 anggota keluarga, miliki tabungan setidaknya senilai delapan bulan biaya hidup.
  10. Usahakan setidaknya anda sudah punya cukup uang untuk membayar uang kuliah anak anda di universitas pilihan anda ketika anak anda lahir. Biaya sekolah lainnya (biaya kost, transportasi, dll) diupayakan  dengan menabung sejak anak tersebut dilahirkan.
  11. Bayar tagihan kartu kredit tepat waktu, kurangi saldo pada kartu kredit Anda, dan tetap gunakan kartu kredit lama jika  Anda sudah melunasi utang kartu kredit tersebut.
  12. Cara terbaik untuk menghemat uang pada mobil adalah dengan membeli  mobil model lama dan gunakan sampai biaya perawatannya mulai merongrong. Harga sebuah mobil jatuh hingga 30% dari harga awal  pada tahun pertama.
  13. Jangan leasing (sewa dalam jangka panjang) mobil.
  14. Ketika sebuah gadget baru atau komputer keluar, pilih model yang ingin anda beli, kemudian tunggu tiga bulan karena biasanya harga mulai turun (saya tidak tahu apakah pernyataan tsb benar utk Indonesia). Jika Anda masih ingin model tersebut , beli alat elektronik tersebut, jika tidak, pilih model yang lebih baru dan tunggu tiga bulan lagi baru beli.
  15. Untuk menghemat uang dari  tiket penerbangan (khususnya untuk penerbangan internasional), beli tiket jauh jauh hari, bandingkan harga, dan bersikap fleksibel dalam memilih perusahaan penerbangan.
  16. Jikan anda berbelanja barang elektronik, jangan beli garansi extra (extended warranty).

No comments:

Post a Comment