Friday, January 14, 2011

Hal hal yang hilang atau lepas bila kita boros

Saya kira kita semua tahu manfaatnya punya tabungan, namun tidak ada salahnya bila saya kutip daftar hal hal yang negatif atau yang tidak kita punyai bila kita terlalu boros dari sebuah artikel di blog http://www.wisebread.com/17-things-you-are-missing-out-on-for-spending-too-much.

  1. Kita tidak bisa bekerja sesuai panggilan jiwa kita. Kita jadi diperbudak oleh atasan/kantor/pekerjaan. Karena takut dipecat, apa saja perintah atasan kita terpaksa turuti meskipun kadang tidak sesuai dengan hati nurani atau ketentuan hukum atau agama. Bila kita punya cukup banyak tabungan, kita bisa punya modal awal untuk menciptakan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, kemampuan dan minat kita. Kita takut mengambil resiko, lupa kalau rezeki itu ditangan Tuhan.
  2. Jaring pengaman keluarga. Bila ada hal hal gawat darurat terjadi (dirawat di rumah sakit, motor harus masuk bengkel, dll) kita jadi tidak siap menghadapinya. Kalau kita boros, kita bisa mudah jatuh terjebak dalam hutang.
  3. Tumpukan barang tidak berguna. Saya punya kenalan (laki laki) yang senang sekali belanja. Banyak barang dikamarnya yang hingga sudah beberapa bulan dibelinya tidak pernah dipakainya. Bila kita bisa hidup hemat, kita bisa terhindar dari permasalahan tersebut.
  4. Stress kenaikan kenaikan kecil. Bila tidak ada cadangan biaya hidup, karena kita boros, kita jadi sering stress karena kenaikan kenaikan kecil seperti kenaikan harga gas, harga kue jajanan.
  5. Melakukan investasi. Saat ini di Indonesia inflasi mencapai sekitar 6% per tahun. Inflasi bahan makanan mencapai hampir dua kalinya. Hampir tidak ada bunga tabungan yang bisa melebihi besarnya inflasi harga bahan makanan. Artinya, bila kita menabung uang, nilai belinya akan semakin menurun. Agar uang yang kita simpan tidak termakan inflasi, perlu segera kita investasikan. Investasi biasanya perlu cukup banyak dana, yang jarang bisa kita punyai bila hidup kita boros.
  6. Berhenti kerja dan pensiun dini. Banyak teman saya yang jadi pegawai negeri yang tidak siap ketika memasuki usia pensiun. Mereka tidak punya cukup tabungan atau sumber pendapatan lain untuk menambah uang pensiun.
  7. Menjadi teladan bagi anak anak. Saya kira kita setuju bahwa orang tua yang hidup boros bukan teladan yang bagus bagi anak anak.
  8. Merasa aman secara keuangan. Tanpa uang ditabungan, memang sulit bagi kita untuk tidak merasa was was.
  9. Kebebasan memilih. Bila kita terbiasa hidup boros, menghabiskan semua penghasilan, kemampuan kita dalam memilih dalam pengalokasian uang untuk hal hal yang benar benar perlu menjadi terbatas. Karena kita boros, kita tidak mampu membayar uang gedung di sekolah favorit bagi anak kita.
  10. Bisa berbuat amal atau memberi sedekah. Yang ini tidak perlu komentar.

No comments:

Post a Comment