Friday, January 7, 2011

Aturan no. 1: Gunakan sebagian saja dari pendapatan anda

Di website the Simple Dollar, ada beberapa nasehat berupa aturan aturan keuangan pribadi (personal finance) yang sangat baik,  sederhana dan praktis. Berikut ini saya coba terjemahkan secara bebas dan saya sesuaikan dengan kondisi Indonesia.

Jika ada aturan tunggal yang mendasari semua aturan manajemen keuangan pribadi,  aturan tersebut dapat ditulis dalam kalimat sederhana ini: Jangan habiskan semua uang yang anda dapatkan.

Kedengarannya begitu sederhana sekali kan? Namun banyak orang disekitar kita telah membenamkan diri dalam hutang (menghabiskan lebih dari yang mereka peroleh) atau hidup murni dari  gaji ke gaji (pengeluaran sama persis dengan apa yang mereka peroleh).

Dengan tidak menghabiskan semua yang anda dapatkan maka anda memiliki beberapa keuntungan:

  • Pertama, Anda bisa mulai menutup hutang Anda. Dengan tidak menghabiskan semua uang yang Anda dapatkan,  Anda mempunyai uang lebih yang dapat dipakai untuk mempercepat pembayaran utang Anda. Dengan berjalannya waktu, hutang akan mulai menghilang sehingga bisa mengurangi beban tagihan bulanan Anda dan memberikan kebebasan lebih besar bagi anda dalam mengelola keuangan anda.
  • Kedua, Anda mulai bisa menyimpan. Anda mulai bisa menyimpan uang kontan kedalam rekening tabungan Anda, memungkinkan Anda untuk selalu siap bila ada situasi darurat (seperti kerusakan mobil atau kehilangan pekerjaan). Anda juga akan memiliki ruang bernapas untuk mulai menabung untuk pensiun, mempersiapkan masa depan yang gemilang bagi Anda dan keluarga.
  • Ketiga, tingkat stres Anda akan jauh berkurang. Mengetahui bahwa hutang Anda tinggal sedikit, siap untuk menghadapi keadaan darurat, dan pensiun Anda sudah  direncanakan, akan dapat mengurangi tingkat stres Anda. Anda dapat  tidur lebih nyenyak, dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dan Anda akan merasa lebih bahagia dalam hidup.
Dengan tidak menghabiskan semua pendapatan anda, Anda akan dapat mengeksplorasi kemungkinan yang sebelumnya tertutup bagi Anda. Ketika hutang Anda sudah tidak ada lagi dan Anda hanya menghabiskan sebagian kecil daripada pendapatan  Anda, Anda tiba-tiba memiliki lebih banyak kemungkinan karir kedepannya. Anda tidak harus tetap kerja keras ditempat kerja dengan stres tinggi - kedepannya, anda memiliki kebebasan finansial untuk pindah dan mengejar impian Anda. Anda dapat hidup di mana - dan bagaimana - sesuai keinginan anda.
Semua itu bisa terjadi bila kita selalu memegang satu prinsip dasar - mengkonsumsi lebih sedikit daripada yang Anda dapatkan .
Menghabiskan uang lebih sedikit berarti bahwa Anda perlu untuk memotong pengeluaran Anda. Langkah pertama ini tidak perlu dilaksanakan secara drastis. Banyak saran/tip menghemat uang secara lebih keras yang datang dari orang-orang yang telah mencoba tips dasar dan mereka senang dengan tip tersebut, sehingga mereka mencari strategi yang lebih intens untuk bisa memotong lebih banyak lagi pengeluaran mereka.
Berikut adalah lima cara untuk memulainya:
Pertama, teliti setiap tagihan bulanan yang datang. Tanyakan diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan layanan tersebut. Kemudian, lihat tagihan masing-masing dan teliti apakah ada layanan yang dapat Anda hilangkan. Misalnya, apakah Anda benar-benar membutuhkan langganan TV kabel? Apakah Anda benar-benar membutuhkan berlangganan fitness?
Kedua, Rajin rajin melacak pengeluaran Anda. Simpanlah buku catatan di saku dan tuliskan setiap pengeluaran. Proses yang sederhana ini akan membuat Anda berpikir dua kali tentang pengeluaran yang tidak perlu. Bila Anda telah memiliki catatan pengeluaran selama beberapa bulan, coba secara hati-hati pelajari data tersebut. Tanyakan pada diri sendiri apakah masing-masing biaya benar benar memberikan kontribusi terhadap nilai dan kegembiraan hidup Anda. Proses itu akan memberikan wawasan bagi Anda kemana uang anda selama ini terbuang.

Ketiga, melihat dengan teliti pada kegiatan rutin Anda. Perhatikan apa yang anda lakukan setiap hari (atau yang sering anda lakukan). Apakah ada hal yang Anda lakukan setiap hari yang menyerap biaya? Hal-hal tersebut merupakan sumber biaya yang paling penting untuk dikendalikan, karena dengan pemangkasan hanya Rp 5000 dari pengeluaran harian Anda, anda akan menghemat Rp 1.825.000 setahun. Apakah Anda berhenti di sebuah kedai kopi setiap hari? Mengapa tidak mengurangi pesanan harian Anda sedikit, atau beralih ke toko yang berbeda, atau mulai membuat kopi di rumah? Apakah Anda makan di luar setiap hari? Mungkin Anda dapat mulai mengantongi makanan dari rumah beberapa hari dalam seminggu. Lihatlah dengan teliti setiap pengeluaran rutin Anda.

Strategi pertama adalah dengan mengurangi pengeluaran. Strategi kedua adalah dengan meningkatkan penghasilan Anda. Meningkatkan penghasilan Anda memberi Anda lebih banyak uang yang dapat digunakan untuk menyingkirkan hutang Anda, disimpan untuk membiayai impian  Anda, dan membangun dasar bagi masa depan yang Anda mungkin ingin capai.

Ada banyak cara untuk mendapatkan lebih banyak uang, tetapi ada beberapa taktik setiap orang dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Berikut adalah lima cara utama untuk memulai meningkatkan penghasilan Anda.

Pertama, jangan buang waktu di tempat kerja. Waktu yang Anda habiskan duduk menganggur, browsing web, atau chatting di IM atau Twitter dengan teman-teman Anda adalah waktu terbuang percuma. Sebaiknya,  investasikan waktu dalam sesuatu yang bermanfaat untuk karir Anda, bahkan jika hal tersebut tidak langsung terkait langsung dengan kerja anda.

Kedua, Kembangkan keterampilan yang dapat dipakai diberbagai jalur karir.  Misalnya: ketrampilan berbicara di depan umum,  mengelola dokumen, membuat standard operating procedure, ketrampilan manajemen proyek, membuat proposal, dan lain lain. Semua hal tersebut dapat mendorong karir Anda di mana pun Anda bekerja.

Ketiga, membangun hubungan yang kuat dengan banyak orang, khususnya dalam bidang profesi Anda. . Kirim email ke orang-orang yang terkait dengan pekerjaan anda dan keep in touch. Jika Anda memiliki kesempatan untuk menghubungkan orang-orang yang dapat membantu satu sama lain, lakukanlah segera, tanpa ragu-ragu. Berbagi apa yang Anda ketahui kepada orang lain.
Keempat, memulai bisnis sampingan. Coba benar-benar serius mencurahkan waktu dan usaha untuk merubah sebuah kegiatan yang anda senangi menjadi sebuah perusahaan pembuat uang . Tidak tahu apa yang mungkin bisa anda lakukan? Anda bisa kunjungi website berikut ini untuk mendapat 50 ide bisnis sampingan, misalnya dengan membuat bed and breakfast, dll

Terakhir, lakukan hal hal berikut ini: bicaralah pada pertemuan; tunjukkan empati terhadap masalah-masalah yang orang lain miliki;  kenali staf pendukung anda dan perlakukan mereka dengan baik. Jangan membakar jembatan ketika anda pindah - membuat usaha ekstra untuk menjaga hubungan baik ketika Anda pindah pekerjaan. Hal-hal kecil tersebut bisa menciptakan perbedaan besar.
Perlu diingat bahwa dengan memaksimalkan perbedaan antara apa yang Anda peroleh dan apa yang Anda keluarkan akan dapat membawa Anda menuju ke tempat yang lebih baik dalam hidup Anda.

No comments:

Post a Comment