Saturday, January 15, 2011

6 Pertanyaan yang perlu diajukan sebelum anda memberi sumbangan

Charity Navigator adalah sebuah organisasi swasta non profit di Amerika Serikat yang melakukan evaluasi dan memberikan "rating" terhadap lembaga amal. Charity Navigator sering menjadi rujukan bagi perusahaan dan individu yang akan memberikan sumbangan dalam memilih organisasi amal yang baik.

Berikut ini 6 pertanyaan yand disarankan oleh Charity Navigator yang perlu diajukan oleh donator kepada organisasi sosial. Bila organisasi tersebut mampu menjawab ke enam pertanyaan tersebut dengan baik, maka berarti organisasi sosial tersebut layak mendapat sumbangan.

1.Dapatkah organisasi sosial tersebut menjelaskan siapa mereka dan apa yang mereka lakukan?


Jika suatu organisasi amal kesulitan dalam mengartikulasikan misi dan program-programnya, mungkin dalam kenyataannya mereka juga mengalami kesulitan dalam melaksanakan program-program mereka tersebut. Organisasi yang dapat menjelaskan siapa mereka dan apa yang mereka lakukan, mereka selalu mempunyai  tujuan organisasi yang jelas, dan berkomitmen untuk mencapai tujuan organisasinya tersebut.

RB Umiyah mempunyai misi yang jelas, yaitu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak mampu tanpa membebani dengan persyaratan administrasi yang berbelit. Saat ini pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pelayanan kebidanan (periksa hamil, pertolongan persalinan, periksa pasca persalinan, imunisasi-bekerja sama dengan puskesmas, dan KB) dan pelayanan kesehatan umum dasar.

RB Umiyah akan memberikan pelayanan kesehatan kepada siapapun yang datang tanpa memandang kemampuannya membayar. Bila mereka (pasien) mempunyai kartu jamkesmas, berarti mereka sangat miskin, oleh karena itu kami beri pelayanan. Hingga saat ini, sesuai ketentuan, RB Umiya tidak mendapat bantuan pemerintah karena telah melayani pasien jamkesmas. RB Umiyah juga tidak akan menolak pasien jamkesmas yang datang berobat. Bila pasien jamkesmas mau datang ke RB Umiyah berarti pelayanan RB Umiyah tidak kalah dari pelayanan sarana kesehatan milik pemerintah.

Bila ada pasien mampu datang ke RB Umiyah, mereka juga tetap kita layani. Ini menandakan bahwa kualitas pelayanan RB Umiyah sudah cukup bagus sehingga pasien tidak miskin juga percaya kepada pelayanan yang diberikan oleh RB Umiyah. Pasien yang datang biasanya memberikan sumbangan melalui kotak amal. 
2. Apakah organisasi amal tersebut mempunyai tujuan jangka pendek dan jangka panjang?

Organisasi amal yang tidak mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas berarti tidak memiliki cara atau alat untuk mengukur keberhasilannya. Jika mereka tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah mereka sukses, bagaimana Anda bisa yakin bahwa mereka bekerja untuk mencapai tujuan tersebut?

Tujuan jangka pendek ( 1 tahun) RB Umiyah adalah memberikan pelayanan kebidanan dan pelayanan kesehatan umum dasar selama 24 jam. Tujuan jangka menengah ( 5 tahun) adalah menjadi sebuah klinik rawat inap kesehatan dasar umum dan pelayanan persalinan (kebidanan). Tujuan jangka panjangnya adalah menjadikan RB Umiyah menjadi sebuah rumah sakit yang dicintai masyarakat miskin.
3.Dapatkah organisasi sosial tersebut memberitahu Anda kemajuan yang telah mereka capai sesuai dengan tujuan organisasinya?

Banyak sekali masalah sosial yang memerlukan pemecahan bersama. Mendirikan organisasi sosial tidak cukup hanya dengan kemampuan mengidentifikasi masalah sosial tersebut. Organisasi sosial tersebut harus juga mampu menunjukkan hasil atau kemajuan dari program program mereka. Mendirikan organisasi amal tidak cukup dengan berlandaskan pada niat baik saja. Selain itu, hanya dengan adanya niat baik tidak lagi cukup untuk menjamin bahwa sumbangan akan datang mengalir.

Saya kira kemajuan RB Umiyah terlihat nyata. Jumlah pasien umum sekarang sudah mencapai sekitar 200 kunjungan per bulannya. Pasien hamil juga datang untuk periksa hamil dan melahirkan di RB Umiyah. Jumlah persalinan memang belum banyak, namun ini sesuai juga dengan RB di tempat lain di Purworejo. Fasilitas rawat inap sudah selesai pembangunannya, peralatan medis dan penunjang sudah mulai dilengkapi,
4. Apakah program amal organisasi sosial tersebut masuk akal bagi Anda?

Jika Anda mendukung misi suatu organisasi, tanyakan pada diri Anda apakah program tersebut juga masuk akal. Anda percaya pada sebab yang mendasari mengapa mereka mendirikan organisasi amal tersebut, dan Andatelah bisa diyakinkan bahwa tujuan dan sasaran mereka akan bisa dicapai. yang jadi pertanyaan sekarang adalah:  apakah organisasi sosial tersebut bekerja secara rasional dan produktif? Jika, sebagai contoh, organisasi tersebut bertujuan untuk mempromosikan sayang terhadap binatang, apakah mereka berusaha mencapai tujuan dengan cara yang masuk akal, atau apakah itu hanya mengobarkan atau membesar-besarkan masalah?

RB Umiyah memberikan pelayanan kesehatan secara profesional karena didukung tenaga kesehatan formal (dokter, perawat dan bidan) yang telah mendapat pendidikan sesuai ketentuan yang berlaku. Fasilitas dan sarana kesehatannya juga memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Para tenaga kesehatan tersebut juga digaji sesuai dengan standard yang berlaku di Purworejo.

Yang berbeda adalah karena RB Umiyah tidak bersifat komersial, namun bersifat amal. Pelayanan RB Umiyah tidak membedakan kemampuan membayar pasien. Untuk menutup biaya, maka RB Umiyah mendapat bantuan berupa zakat, infaq dan sedekah dari para dermawan. Selama ini, alhamdulillah, pemasukan RB Umiyah tidak pernah negatif. Selalu ada dermawan yang mengulurkan tangannya bagi kelangsungan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin.

"RB Umiyah bisa terlaksana berkat doa para dhuafa dan sumbangan dari para dermawan"

Moto tersebut yang mendasari mengapa kami berani mendirikan RB Umiyah. Kita percaya bahwa Allah Yang Maha Kuasa yang akan menggerakkan hati para dermawan untuk menyumbang. Para pengurus hanya berusaha agar RB Umiyah bisa menjadi ladang amal bersama.
5. Dapatkah organisasi tersebut anda percayai?

Penelitian Charity Navigator  di Amerika menunjukkan bahwa mayoritas organisasi amal di negeri tersebut sangat bertanggung jawab dan jujur serta dikelola dengan baik. Namun, sayangnya, di Indonesia masih cukup banyak organisasi amal yang tidak dikelola dengan baik.

RB Umiyah membuat laporan kegiatan dan keuangan bulanan. Laporan tersebut dipasang didinding pengumuman RB Umiyah. Laporan tersebut juga dipublikasikan lewat blog ini. Diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan para dermawan.

6.Apakah Anda bersedia untuk membuat komitmen jangka panjang untuk mendukung organisasi tersebut?

Charity Navigator menganjurkan agar orang memberikan sedekah untuk kegiatan amal sebagai komitmen jangka panjang. Istilahnya lebih mirip sebagai ikatan perkawinan daripada sebagai bentuk pacaran. Pemberi sumbangan yang baik sebaiknya memberikan sumbangan karena termotivasi oleh altruisme, pengetahuan, dan perspektif, tidak reaksi spontan karena melihat iklan televisi.
 
Para dermawan adalah orang dewasa. Mereka memiliki anggaran. Mereka memiliki sarana untuk membantu orang lain. Mereka juga  ingin membantu. Para dermawan agar bertanya pada diri sendiri apakah organisasi amal tersebut adalah jenis organisasi yang sesuai dan anda bersedia untuk membuat komitmen jangka panjang. Ketika Anda melakukankomitmen jangka panjang, Anda setuju untuk mendukung organisasi tersebut melewati masa baik dan buruk, dan menyediakan dana yang dibutuhkan untuk mendukung disaat  kemerosotan ekonomi. Sebagai imbalannya,sebagai timbal baliknya organisasi tersebut akan berjanji untuk melanjutkan pekerjaan sosial tersebut untuk mengatasi masalah sosial yang menjadi keprihatinan bersama tersebut. 
 
RB Umiyah didirikan bukan untuk mengatasi masalah musiman. RB Umiyah didirikan dengan perspektif jangka panjang. Oleh karena itu, komitment jangka panjang dari para dermawan sangat diperlukan. Jumlah sumbangan tidak harus besar, namun kontinuitas sangat diperlukan agar pengelola bisa membuat rencana pembangunan dan anggaran jangka panjang.
 
Dari sisi agama, sumbangan anda bisa menjadi wakaf jangka panjang dimana pahalanya, insya Allah, akan terus mengalir meskipun anda dan saya telah tiada nantinya. 
 
Dukungan anda kita tunggu 

No comments:

Post a Comment