Monday, January 17, 2011

11 Ide kecil untuk bisa mendapat pahala harian (1)

Banyak hal hal kecil yang bisa dilakukan setiap harinya agar kita dapat pahala. Selain beramal melalui kerja kita harian, yaitu dengan meniatkan kerja kita sebagai amal, kita juga bisa melakukan kegiatan kegiatan kecil amal sholeh harian. Kegiatan kegiatan kecil ini, bila rutin dikerjakan, akan menjadikan manfaat yang besar juga. Selain itu, kegiatan kegiatan kecil tersebut nantinya dapat juga menginspirasi kita untuk melakukan kegiatan amal yang lebih besar.Kata orang bijak " sebaik baik orang adalah yang paling banyak manfaatnya bagi sesama".

Daftar berikut yang muncul di kepala saya:

  1. Membantu menyeberangkan orang yang kesulitan menyeberang (lihat foto sebelah)
  2. Kurangi uang jatah rokok dan atau biaya makan siang (yang biasanya pakai ayam, kali ini cukup dengan tempe goreng) dan sedekahkan uangnya kepada pengemis  yang anda temui di jalan.  Bisa juga uang tersebut anda berikan kepada cleaning service, kotak amal, pengamen di bis.
  3. Lebih hebat lagi bila anda niatkan puasa senin-kamis agar jatah makan siang dan rokok anda bisa disedekahkan.
  4. Kunjungi tetangga yang kurang mampu dan bagi sebagian makanan yang tersedia di rumah kepada mereka. Bila perlu, sesuai hadis nabi Muhammad SAW, kita perbanyak kuah sayur kita agar bisa kita bagikan sebagian ke tetangga yang kurang mampu tersebut. Jangan sampai terjadi ada tetangga kelaparan sementara perut kita kekenyangan. 
  5. Kumpulkan majalah bekas dan berikan ke pangkalan tukang ojek di lingkungan anda.
  6. Kumpulkan dan jual koran bekas anda dan berikan dananya sebagai sedekah.
  7. Kumpulkan barang bekas (baju, sepatu, dll) berikan kepada keluarga tidak mampu atau jual ke toko barang bekas dan sumbangkan dananya untuk keluarga tidak mampu disekitar anda.
  8. Kunjungi panti jompo dan berikan sumbangan sesuai kemampuan anda. Setidaknya ajak mereka ngobrol.
  9. Kunjungi rawat inap pasien kelas 3 dan doakan agar mereka lekas sembuh. Bawakan oleh oleh atau berikan uang sebagai bantuan untuk meringankan beban mereka
  10. Ajak teman teman untuk bersama-sama mengerjakan kegiatan amal
  11. Bantu membersihkan rumah atau halaman keluarga yang tidak mampu
Daftar  ide kecil berikutnya menyusul. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment