Tuesday, January 11, 2011

Hal hal yang memotivasi orang berbuat baik

Katya Andersen dalam blognya Non Profit Marketing Blog teah melakukan riset tentang hal hal yang memotivasi seseorang melakukan kegiatan sosial. Saya coba kutip hasilnya dan tambahkan ilustrasi sesuai dengan kondisi Indonesia.

Orang terdorong melakukan kebaikan :

 
  • Bila orang orang disekitarnya juga melakukan kebaikan. Minta sumbangan kepada kelompok pengajian lebih gampang dibandingkan dengan minta sumbangan ke para penonton pertandingan sepak bola. 
  • Bila mereka mempunyai ikatan dengan kegiatan amal tersebut. Seseorang yang mempunyai saudara atau orang tua yang meninggal akibat kanker,lebih mudah tergerak hatinya untuk memberikan sumbangan dalam kegiatan amal yang terkait dengan kanker. 
  • Bila seseorang yang mereka kenal yang memintanya. Sangat sulit bagi kita memberi sumbangan bila tiba tiba seseorang muncul di depan rumah kita minta sumbangan pembangunan masjid yang kita tidak tahu tempatnya.Dilain pihak,bila teman atau seseorang yang kita kenal baik meminta pertolongan kepada kita, akan lebih mudah bagi kita dalam memenuhi permintaannya. 
  • Bila seseorang yang minta sumbangan tersebut terkait dengan permintaan sumbangan tersebut. Bila ada teman atau saudara minta tolong untuk anaknya berobat akan lebih gampang bagi kita meluluskan permintaan tersebut dibandingkan bila sumbangan tersebut untuk sesuatu yang lain yang jauh hubungannya dengan saudara atau teman tersebut.
  • Bila mereka melihat adanya harapan. Meminta sumbangan bagi panti asuhan lebih gampang dibandingkan meminta sumbangan untuk panti jompo. 
  • Bila mereka merasa bahwa mereka akan dapat membuat perbedaan pada penerima bantuan.Permintaan sumbangan untuk biaya sekolah memberikan harapan bagi penyumbang bahwa anak yang perlu dibantu akan bisa hidup lebih baik nantinya. 
  • Bila mereka ingin merasa senang terhadap diri mereka sendiri. Orang yang menyumbang merasa senang dan orang yang sedang senang lebih gampang menyumbang dibandingkan bila mereka sedang susah. 
  • Bila mereka menaruh simpati. Sangat sulit meminta sumbangan kepada orang yang tidak menaruh perhatian kepada usaha amalkita.
  • Bila mereka telah pernah menyumbang sebelumnya.

No comments:

Post a Comment