Sunday, January 9, 2011

Aturan no. 2: Stop upaya membuat orang lain kagum

Aturan no. 1 dalam hal manajemen keuangan pribadi adalah spend less than your earn, gunakan sebagian saja dari gaji anda. Aturan berikut adalah: jangan gunakan uang anda untuk membuat orang lain terkagum-kagum atau jangan gunakan uang untuk membuat orang lain terkesan. Dalam agama Islam, jangan melakukan sesuatu dengan niat riya.

Jika Anda membeli mobil yang mencolok, bukannya berfokus pada membeli mobil yang fungsional, efisien, dan sesuai kemampuan, anda berarti sudah menghabiskan uang untuk mengesankan atau membuat kagum orang lain. Jika Anda pergi belanja pakaian, anda belanja ditoko satu karung penuh, berarti anda menghabiskan uang untuk mengesankan orang lain. Jika Anda selalu memiliki alat model terbaru, anda menghabiskan uang untuk mengesankan orang lain. Jika Anda selalu harus dilihat di tempat baru yang paling keren, anda  menghabiskan uang untuk mengesankan orang lain.

Ada seorang teman yang punya mobil mewah yang harganya diatas Rp 2 milyar. Ketika pertama melihatnya, orang orang terkagum dan bilang "wow ! ini baru mobil". Namun tak berapa lama kemudian mereka sudah tidak lagi menaruh perhatian terhadap mobil tersebut. Perlukah kita menghabiskan sebegitu banyak uang hanya untuk mengesankan orang selama beberapa menit?

Bagi orang orang tertentu, mengurangi kegiatan yang bertujuan untuk membuat orang kagum, bukan pekerjaan mudah. Khususnya mereka yang bergerak di dunia mode atau selebritis. Namun bagi kebanyakan orang, hal tersebut seharusnya tidak terlalu sulit dilakukan. Prinsipnya adalah kembali ke dasar, kembali ke fungsional. Kita tidak perlu beli mobil mewah, baju yang harganya jutaan rupiah, potong rambut atau perawatan kuku ratusan ribu rupiah. Saya punya teman ibu ibu, kadang pijat atau merawat kuku di Hotel bintang lima, biayanya sekitar 1/2 juta masing masingnya.
Memang kita harus memakai uang kita agar bisa tampak rapi, badan tidak bau, rambut terpotong rapi, dll. Hal hal tersebut bila hanya sebatas kebutuhan fungsional, tidak akan banyak menghabiskan uang.
Beberapa saran agar tidak membeli atau melakukan sesuatu hanya untuk membuat orang kagum:
1. Jadilah pemimpin. Jadilah trend setter dalam kelompok anda. Ajak kelompok anda menjauhilah hal hal yang bersifat pamer.
2. Coba kegiatan baru. Lakukan kegiatan baru dengan kelompok teman lama namun dengan kegiatan yang berbeda yang tidak menghabiskan banyak uang dan bukan kegiatan untuk pamer.
3. Arahkan pembicaraan kelompok anda kearah hal hal yang tidak bersifat mau pamer. Misalnya, jauhkan obrolan tentang mobil model terbaru, liburan ke Eropa, dll.
4. Bagi pemikiran yang berbobot. Dari pada hanya ngobrol yang ringan, gossip dan kegiatan yang bersifat materialistis, coba ajak teman teman anda untuk berpikir tentang sesuatu yang bernilai amal seperti mengunjungi pasien tidak mampu di kelas 3 RS Pemerintah, panti asuhan, dll.
5. Cari kawan baru yang tidak suka pamer.

No comments:

Post a Comment