Friday, October 15, 2010

Jenis hutang mana yang anda punya?

Hutang ya hutang, dan semua hutang itu buruk. Itu menurut saya yang awam dibidang keuangan. Ternyata, menurut ahlinya, hutang bisa diklasifikasikan  kedalam hutang baik, hutang buruk dan hutang jahat. Lha, kalau bukan ahli keuangan kok berani-beraninya menulis tentang "mengelola hutang"? Saat ini negara kita terbelit hutang dan banyak orang yang saya kenal juga terlibat hutang. Saya merasa, ilmu tentang mengelola hutang yang banyak tersedia secara gratis di internet perlu disebar luaskan. Menurut salah satu hadis Nabi Muhammad SAW, pahala dari ilmu yang bermanfaat akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal. Siapa tahu tulisan ini bisa ikut menyumbang dalam menciptakan masyarakat yang bebas hutang. Syukur kalau semua orang Indonesia tidak hanya bisa bebas hutang, tapi juga menjadi pembayar zakat dan pemberi sedekah serta pemberi wakaf. 
Saya pernah dan sedang punya hutang baik. Rumah pertama yang saya punyai, saya beli dengan kredit kepemilikan rumah (KPR BTN) dengan bunga 9% per tahun. Pada tahun 1980an, KPR BTN untuk rumah dibawah tipe 70 mendapat subsidi pemerintah sehingga bunganya bisa dibawah bunga pasaran. Tanpa KPR BTN, saya pasti kesulitan membeli rumah. Saya kira itu salah satu hutang yang bisa dikategorikan kedalam hutang baik. Secara syariah, saya tidak tahu apakah itu termasuk riba atau tidak. Saat ini, saya berlangganan skype (telepon internet) dengan memakai kartu kredit. Saya sangat membutuhkan telpon internet dan setahu saya tidak bisa dibayar dengan uang kontan atau berlangganan bulanan. Terpaksa saya bayar dengan kartu kredit. Meskipun demikian, setiap bulan tagihan tersebut selalu secara otomatis saya lunasi dari tabungan saya sehingga saya tidak perlu membayar bunganya. Saya pikir, ini juga bisa dikategorikan kedalam hutang baik.
Hutang yang jahat adalah hutang yang kita pinjam dari rentenir yang bunganya sering mencapai 10% per bulan. Hutang dari kartu kredit dengan bunga mencapai 4% per bulan juga saya kategorikan kedalam hutang jahat. Terutama bila sampai kita hanya bisa membayar cicilan minimalnya dan  hutang kita pada kartu kredit tersebut melilit leher kita. Hutang tersebut saya kategorikan sebagai hutang jahat. 
Hutang buruk ada diantara hutang jahat dan hutang baik.Bila bunganya dibawah 2% perbulan dan jumlah cicilannya tidak melebihi sepertiga penghasilan kita, maka hutang tersebut bisa dikategorikan kedalam hutang buruk. Hutang untuk nyicil kendaraan (mobil dan motor), hutang untuk bisnis, hutang untuk membiayai kuliah, termasuk dalam kategori ini. Tentang biaya kuliah ini saya terus ingat pengalaman saya. Dulu saya rajin memotong 10% penghasilan saya untuk saya tabung buat persiapan anak kuliah ke perguruan tinggi. Awalnya, tabungan tersebut cukup untuk membiayai anak saya hingga selesai kuliah. Tapi dengan adanya kebijakan otonomi perguruan tinggi, tabungan tersebut tidak lagi mencukupi. Bahkan untuk membiayai uang gedung/pembangunannya sajapun tidak cukup. Keponakan saya harus bayar Rp 40 juta sebagai uang pembangunan masuk Fakultas Hukum disalah satu universitas negeri di pulau Jawa.
Bila anda punya hutang dan berniat melunasinya, apa yang harus dilalukan? Pertama pelajari dulu tentang jenis hutang hutang anda. Konsentrasikan untuk membayar hutang dengan bunga paling besar.Bila anda punya hutang dari beberapa sumber, utamakan untuk segera melunasi hutang dengan bunga terbesar. Bayar hutang yang lain dengan cicilan minimal. Bila perlu, tarnsfer hutang dengan bunga tinggi ke hutang dengan bunga lebih rendah. Misalnya, bila anda punya hutang pada kartu kredit dengan bunga tinggi, namun anda bisa mendapat hutang dari bank dengan bunga yang lebih rendah, maka tutuplah hutang kartu kredit anda tersebut dengan membuat hutang ke bank dengan bunga lebih rendah. 
Kedua, pelajari pola konsumsi dan cara pembayaran anda. Jangan gunakan kartu kredit untuk membeli hal hal kecil (belanja mingguan ke pasar swalayan, makan di restoran, dll) yang bisa anda bayar secara kontan. Potong semua pengeluaran yang tidak perlu (misalnya: ganti HP setiap ada model baru keluar, dll). Upayakan agar sebisa mungkin hidup tidak lebih dari 70% (syukur bisa 50%) dari penghasilan anda. Upayakan minimum 30% penghasilan dipakai untuk bayar hutang. Gunakan semua pendapatan tambahan (bonus, sisa uang perjalanan dinas, dll) untuk membayar hutang. Bila anda punya tabungan, terutama bila bunganya lebih rendah dibanding bunga hutang anda, gunakan tabungan anda untuk membayar hutang. Tidak ada gunanya punya tabungan bila bunganya lebih rendah dari bunga hutang anda. Bila kedaan gawat darurat terjadi, bukankah anda masih bisa dapat pinjaman?
Ketiga perbanyak istighfar, baca doa penghapus hutang, laksanakan sholat tahajud dan sholat dhuha. Ustadz Yusuf Mansyur menganjurkan agar kita memberi sedekah kepada orang yang lebih membutuhkan dari anda. Banyak kisah tentang keajaiban sedekah yang bisa anda tiru. Salah satunya yang termasuk saya sukai bisa di klik disini. Namun ingat, sedekah sebaiknya terlebih dahulu diberikan ke kaum kerabat (termasuk orang tua) yang membutuhkan, baru ke yang lainnya.
Keempat, cari tambahan penghasilan.Saya kira ini saran yang paling sulit. Saya sendiri tidak punya rumus yang benar benar jitu untuk mendapatkan tambahan penghasilan yang bisa berlaku untuk siapapun dalam situasi seperti apapun. Meskipun demikian, saya percaya, bila ketiga saran saya tersebut diatas dituruti, insya Allah, hutang anda akan dapat anda lunasi.



8 comments:

  1. Halo, saya bernama MORAIDA LUNA. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu aku tegang finansial, dan karena putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Aku hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal bernama Ibu Amanda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 53.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, hubungi dia melalui email nya: amandarichardsonloanfirm@gmail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya moraidaluna@gmail.com.
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

    ReplyDelete
  2. Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. GET BANTUAN DARI PENELUSURAN KEUANGAN ANDA, HUBUNGI UNTUK KREDIT. KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS KREDIT SEPERTI, STUDENT KREDIT, KREDIT USAHA, CAR KREDIT, HOME KREDIT, PRIBADI KREDIT dll AT 2% SUKU BUNGA. HUBUNGI ATAU KIRIM US AN E-MAIL trust.quiries@yahoo.com UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT ATAU WHATSAAP: +918050773651

    ReplyDelete
  4. We need Kidney Donors In India Or Across Asia For The Sum Of ($290,000,00 USD). In APPOLO HOSPITALS. CONTACT US NOW ON EMAIL FOR MORE DETAILS.'''' Call lines :+919036513436 ,,; WHATSAPP NUMBER
    +919036513436 DR Richard D CONTACT ME TRUE MY EMAIL drichard0001@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Welcome to Apollo Hospital, Specialist hospital that buy kidney.
    Do you wish to sell your kidney in exchange of money? If yes.
    Then contact today to get a reliable and good transaction for good money.
    Contact via below information
    email: apollohospitalkidneydep@gmail.com
    call me @ +918122208392
    WhatsApp number: +919004558395

    ReplyDelete

  6. We are urgently in need of kidney donor in a very good health condition for the sum of $470,000,00 and we will take properly care of the donor doling the whole process, here you can contact us via email address: ahospital661@gmail.com or phone number-+919677345881 by name Dr Donald Moore.

    ReplyDelete

  7. We are urgently in need of kidney donors in Apollo Hospital in India for the sum of $400,000.00 USD, Please Contact Dr Richard for more details. whatsapp +919538365140. EMAIL drichard0001@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Kidney donor needed urgently, My client is urgently in need of a kidney transplant, If interested to sell contact here on my what'sApp number +4915219253693 Or Email: kidneydeal@gmail.com

    ReplyDelete