Sunday, February 13, 2011

Communtiy Gate Path: mengubah kecacatan menjadi kesempatan

Community Gate Path adalah sebuah organisasi nirlaba yang didirkan sekitar 90 tahun lalu di San Mateo County, Amerika. Organisasi tersebut bertujuan membantu para penyandang cacat (anak anak maupun dewasa) untuk bisa mencapai tujuan hidupnya (di sekolah, di rumah dan di masyarakat) dan bekerja dengan produktif di masyarakat.

Untuk melaksanakan fungsinya tersebut, Community Gate Path memberikan pelayanan seperti early child intervention, inclusive pre-school, membantu proses transisi dari usia muda ke dewasa, pengembangan life skills, latihan ketrampilan kerja, day service dan penyuluhan tentang cacat. Tahun lalu, mereka mampu memberikan pelayanan kepada sekitar 8000 orang inidivdu, anggota keluarga, penyedia jasa pelayanan, mahasiswa dan profesional.

Community gate path juga mempunyai bisnis sosial, yang memperkerjakan para penyandang cacat, berupa perusahaan pertamanan, perusahaan rakitan (packaging, assembling, dll) yang memberikan pelayanan kepada perusahaan di wilayah Bay Area, California, dan perusahaan staffing services yang memberikan jasa cleaning service, stocking dan persediaan (inventories).

Setahu saya, perusahaan gelas Kedaung, milik Probo Sutejo juga memperkerjakan para penyandang cacat untuk bekerja disana. Saya kurang tahu apakah ada perusahaan lain yang juga bersedia memperkerjakan para penyandang cacat. Dulu, ketika saya masih kecil, perusahaan jamu Jago memperkerjakan para penyandang cacat kerdil di mobil pemasarannya. Namun sekarang ini, saya sudah tidak pernah melihatnya lagi.

Kita semua tahu, membuat bisnis agar bisa menghasilkan untung bukanlah pekerjaan gampang. Siapa tahu, dengan menolong para penyandang cacat agar bisa mempunyai kesempatan bekerja, maka Tuhan akan berkenan menolong bisnis kita juga.

No comments:

Post a Comment