Saturday, February 26, 2011

GSBB: 75% keuntungan disumbangkan untuk kegiatan amal

Bila Paul Newman membuat perusahaan Newman's Own Inc dan menyumbangkan 100% keuntungannya untk kegiatan amal, maka Giving Someting Back Business (BSBB) Office Supplies menyumbangkan sekitar 75% keuntungannya untuk sosial. Mereka bisa melakukan hal tersebut antara lain dengan menekan biaya overhead, dll.

GSBB Office Supplies, didirikan tahun 1991, menjual secara online berbagai kebutuhan kantor, mulai dari kertas foto copy, pensil, note pad hingga ke furniture dan sofa kantor. Harga produk yang mereka jual sangat bersaing, bahkan lebih murah dibandingkan dengan perusahaan kebutuhan kantor lainnya. Selama sekitar 20 tahun sejak berdirinyanya, perusahaan GSBB Office Supplies sudah menyumbangkan sekitar 5 juta dollar untuk berbagai kegiatan amal.

Sebenarnya, dalam Islam, sesuai dengan hadits nabi Muhammad, kita dianjurkan untuk menyumbangkan sekitar 30% dari keuntungan untuk amal.

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Nabi saw. bersabda, “Ketika seseorang sedang berada di padang pasir, tiba-tiba ia mendengar suara dari awan, ‘Curahkanlah ke kebun Fulan.’ Maka bergeraklah awan itu, kemudian turun sebagai hujan di suatu tanah yang keras berbatuan. Lalu, salah satu tumpukan dari tumpukan bebatuan tersebut menampung seluruh air yang baru saja turun, sehingga air mengalir ke suatu arah. Ternyata, air itu mengalir di sebuah tempat di mana seorang laki-laki berdiri di tengah kebun miliknya sedang meratakan air dengan cangkulnya. Lalu orang tersebut bertanya kepada pemilik kebun, “Wahai hamba Allah, siapakah namamu?” Ia menyebutkan sebuah nama yang pernah didengar oleh orang yang bertanya tersebut dari balik mendung. Kemudian pemilik kebun itu balik bertanya kepadanya, “Mengapa engkau menanyakan nama saya?” Orang itu berkata, “Saya telah mendengar suara dari balik awan, ‘Siramilah tanah Si Fulan,’ dan saya mendengar namamu disebut. Apakah sebenarnya amalanmu (sehingga mencapai derajat seperti itu)?” Pemilik kebun itu berkata, “Karena engkau telah menceritakannya, saya pun terpaksa menerangkan bahwa dari hasil (kebun ini), sepertiga bagian langsung saya sedekahkan di jalan Allah swt., sepertiga bagian lainnya saya gunakan untuk keperluan saya dan keluarga saya, dan sepertiga bagian lainnya saya pergunakan untuk keperluan kebun ini.” (Muslim, Misykât).


Sudahkan anda mengikuti hadits Nabi?

No comments:

Post a Comment