Saturday, February 19, 2011

Do Something.Org

Banyak cara untuk tidak melakukan atau menunda-nunda sesuatu pekerjaan/kegiatan. Kalau di pemerintahan, sebelum melakukan sesuatu maka dibuat dulu Tim Pengarah dan Tim Pelaksana. Padahal untuk membentuk tim diperlukan waktu 1-2 minggu. Biasanya, setelah Tim terbentuk, maka dimulai dengan rapat rapat persiapan, dll. Kegiatan intinya baru akan terlaksana, beberapa bulan kemudian. Bagus kalau kemudian benar benar dilaksanakan.

Pada tingkat individu, juga banyak cara untuk menunda. Termasuk menunda dalam beramal soleh. Misalnya, ada yang mau menyumbang tetapi menunggu rapat alumni dulu. Katanya para alumni mau didorong untuk menyumbang kekota kampung halamannya. Padahal, rapat almuni belum tentu terlaksana setahun sekali.

Ada juga teman, karena tidak terlatih, tidak tahu  amal sholeh apa yang harus dilakukan.

Di Amerika Serikat ada organisasi nirlaba bernama Do Something. Websitenya bisa dikunjungi di http://www.dosomething.org/. Do Something mendorong para remaja untuk melakukan kegiatan sosial. Baik kegiatan sosial perorangan maupun kelompok. Bahkan Do Something juga menyediakan dana hibah untuk membiayai kegiatan amal bagi remaja.

Do Something juga memberikan ide jenis jenis kegiatan sosial yang bisa dilakukan oleh individu maupun kelompok remaja. Misalnya, untuk kegiatan sosial perseorangan/individu, yang bertujuan mengurangi kemiskinan, maka Do Something memberikan contoh kegiatan sebagai berikut:
  1. Mengumpulkan celana jean dan menyumbangkan ke anak anak muda  jalanan atau gelandangan muda. Para gelandangan muda di AS senang memakai celana jean.
  2. Membuat tulisan tentang kemiskinan dan kelaparan di wilayah anda di koran lokal atau di majalah dinding sekolah.
  3. Membuat poster penyuluhan masalah kemiskinan atau kekurangan pangan
  4. Mengumpulkan barang barang bekas layak pakai dan sumbangkan hasilnya untuk kegiatan sosial.
  5. Mengumpulkan beras, satu mangkok per keluarga, dan sumbangkan ke panti asuhan atau keluarga miskin di wilayah anda (maaf, ini ide saya).
Jadi !? Lakukan saja sesuatu, sebisanya dan semampunya, tapi dengan penuh semangat dan ikhlas.

No comments:

Post a Comment