Friday, February 4, 2011

Margaret Gordon: pembantu yang jadi aktivis lingkungan

Banyak anak anak disekitar jalan tol Oakland, Kalifornia, Amerika menderita asthma dan harus dirawat di rumah sakit, 12 kali lebih banyak dibandingkan dengan anak anak yang tinggal di wilayah Lafayete yang lebih hijau dan lebih kaya.

Mula mula Margaret Gordon mengira itu hal biasa. Dirinya sering terkena asthma, begitu pula dengan anak laki lakinya dan 3 cucunya. Dia tidak menyadari betapa parahnya lingkungan hidup di perkampungan tempat tinggalnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, ia mulai membuat hubungan antara keadaan lingkungan industri  di  dekat pelabuhan Oakland dan asma yang diderita dirinya dan keluarganya.

Pada tahun 1992, ia pindah ke Oakland Barat, di mana polusi dari truk diesel  dan dari pabrik yang hanya terletak beberapa blok dari rumah keluarganya membuatnya termotivasi untuk berbuat sesuatu, sesuatu yang besar. Sejak itu, Margaret Gordon telah berubah yang mulanya seorang pembantu rumah tangga kemudian  menjadi aktivis dan akhirnya menjadi anggota komisaris yang ditunjuk walikota di sebuah  negara bagian yang mempunyai pelabuhan tersibuk keempat.

Dulunya sebagai orang tak dikenal, penduduk miskin berkulit hitam dari lingkungan San Francisco Bay Area yang tak pernah kedengaran namanya, Margaret Gordon kini menjadi salah satu pusat perhatian. Ia kini menjadi  seseorang yang berpengaruh dan didengar karena upayanya untuk meningkatkan kesehatan lingkungan di kawasan tersebut, dan pada akhirnya, kesehatan warganya.

Perjalanan Margaret Gordon bermula secara sederhana.

"Saya sedang membersihkan rumah Michael Herz," kata Margaret. Herz adalah pendiri Baykeeper, sebuah kelompok nirlabayang memonitor kualitas air  di Bay Area. "Saya merapikann buku dan majalah, dan saya mulai membolak-balik buku buku tersebut. Semua buku tentang burung-burung, air- dan berita tentang polusi di pelabuhan dan kaitannya dengan kesehatan . "

Gordon mulai membuat kaitan antara kesehatan dirinya dan kondisi pelabuhan. Dia dari dulu punya asma tetapi dia amati kini serangan asthma menjadi jauh lebih buruk setelah dia telah menetap di Oakland Barat. Dia membaca tentang penyebab asthma , dan setelah berbicara dengan orang-orang yang dirawat di  rumah sakit karena asma yang parah, dia segera menyadari betapa besarnya masalah lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

Pada saat yang bersamaan, jalan bebas hambatan lokal telah dipindahkan dari tempat semula menjadi lebih dekat ke rumah Gordon. Pekerja yang memindahkan saluran listrik selama konstruksi itu terkena paparan zat karsinogenik vinyl chloride di tanah-produk limbah dari industri di daerah tersebut. Hal tersebut cukup untuk membuat Margaret Gordon bertindak. "Saya perlu untuk bergerak dan memperbaiki  kondisi lingkungan," katanya.

Menyadari bahwa ia hanya mengetahui sedikit tentang isu-isu lingkungan, Margaret Gordon bergabung dengan tetangga dan mereka bersama berusaha untuk menghentikan pembangunan. Mereka  mengadakan serangkaian pertemuan antara masyarakat dengan Departemen yang mengontrol bahan beracun dan Departemen Perhubungan negara bagian Kalifornia, yangbertugas mengawasi proyek jalan bebas hambatan. Meskipun sebagian dari jalan bebas hambatan masih tetap dibangun kembali, tekanan dari penduduk telah membuat daerah tersebut sebagai lokasi  Amerika Superfund, sebuah badan perlindungan lingkungan.

Pengalaman keterlibatannya dalam organisasi masyarakat mengubah hidup Margaret Gordon. Keterlibatannya dalam gerakan masyarakat membuatnya bergabung dengan West Oakland Environment Indicator Project, sebuah organisasi bagian dari Institut Pasifik, Bay Area. Dia terus mendidik dirinya dengan isu-isu lingkungan dan menemukan bahwa ia memiliki bakat untuk menganalisis data. "Aku melihat gambar an besar bagaimana hal-hal ini terjadi dan mencari akar penyebab masalah dan bagaimana melakukan analisis," kata Margaret Gordon.

Proyek tersebut akhirnya menjadi organisasi nirlaba, dan Gordon menjadi co-direkturnya. Selama keterlibatannya, proyek telah melakukan setengah lusin studi, mengeksplorasi kualitas udara; truk dan lalu-lintas pengiriman di Port Oakland; serta terminal rel kereta dan truk. Kelompok pertama laporan penelitian menunjukkan bahwa emisi diesel di Oakland Barat lima kali lebih tinggi daripada di seluruh kota dan bahwa anak-anak yang tinggal di lingkungan tujuh kali lebih mungkin untuk dirawat di rumah sakit karena  asma dari pada anak-anak di tempat lain di Oakland.

Margaret Gordon memimpin upaya masyarakat untuk mengalihkan jalur truk diesel sehingga mereka menjauhi pemukiman penduduk. Upaya penduduk berhasil. "Orang orang sekarang telah menyadari, 'Saya bisa melakukan ini'," kata Margaret Gordon. "Mereka hanya perlu belajar bagaimana caranya."

Dengan bimbingan Gordon, dan dengan dukungan dari penduduk, West Oakland Indicator Project juga melakukan:

•Membujuk the Bay Area Air Quality  District Management  untuk menegosiasikan kembali ijin produsen lokal yang mencemari lingkungan (setidaknya itu sebagian alasan mengapa perusahaan tersebut kemudian meninggalkan kota Bay Area)

•Menekan pemerintrah kota untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menghentikan ilegal dumping (penimbunan limbah ilegal)

•Membantu mengembangkan rencana peningkatan kualitas udara untuk Port Oakland.

Margaret Gordon percaya bahwa karena penelitian organisasinya, kampanye, pendidikan dan pengaruh dirinya sebagai Komisaris, port kini menjadi lebih hijau.

Margaret Gordon telah mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak boleh apatis, tinggal diam dan acuh tak acuh terhadap masalah dilingkungan kita masing masing. Bila masyarakat mau berupaya mengubah sesuatu, maka akan ada jalan bagi terjadinya perubahan.

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Al Quran Surat Ar Rad 13:11)

No comments:

Post a Comment