Tuesday, February 22, 2011

Gaji Satu Hari Dalam Setahun?

Di Amerika Serikat ada sebuah organisasi sosial nirlaba yang bernama One Day's Wage . Organisasi tersebut didirikan oleh Minhee and Eugene Choo pada tahun 2009 dengan menyumbangkan gaji mereka selama setahun sebesar $68,000 (sekitar Rp 600 juta). Dalam kurun 5 tahun kedepan, Eugene dan Minhee Choo juga telah berjanji untuk menyumbangkan gaji setahun mereka sebesar $ 100,000 (sekitar Rp 900 juta) ke organisasi nirlaba yang mereka didirikan. Dengan kata lain, Eugene dan Minhee Choo akan menyumbangkan seperlima gaji setahun selama 5 tahun ke depan.

Organisasi One Day's Wage mengajak orang untuk menyumbangkan satu hari gaji dalam setahun (0.4% gaji setahun) atau berapapun yang orang ingin sumbangkan. One day's wage akan 100% menyalurkannnya untuk membiayai kegiatan sosial. Mereka memfokuskan bantuan dananya untuk membiayai pengentasan kemiskinan atau pelayanan kepada penduduk miskin di bidang : perdagangan perempuan, sarana air minum dan jamban, pendidikan, kesehatan ibu dan anak, kesehatan dan gizi, krisis HIV/AIDS, panti asuhan, dan masalah kesehatan lainnya.

Gaji satu hari dalam setahun bagi seseorang sebenarnya tidak berarti banyak. Namun bila banyak orang bersedia menyumbangkan gaji satu hari dalam setahunnya, cukup banyak hal bisa dilakukan.

Dalam perjalalanannya One Day's Wage juga mendapat dukungan dari artis dan penyayi, seperti: Tress Bundy, Jess Lambert, the Courage, the Tasteful Nudes, dll. Selain itu, beberapa perusahaan juga telah bergabung sebagai mitra, seperti: perusahaan botol MiiR yang berjanji akan menyumbangkan $ 1 pada setiap pembelian 1 botol kemasan Miir.

Apakah anda tertarik untuk mendirikan organisasi serupa di Indonesia? Tentunya anda harus berani  menyumbangkan sebagian gaji anda juga. Tidak hanya meminta orang lain melakukan sesuatu yang anda sendiri tidak mau melakukannya.

No comments:

Post a Comment