Saturday, February 26, 2011

Paul Newman: membuat perusahaan, semua keuntungannya disumbangkan

Paul Newman adalah seorang bintang fim Hollywood yang berjiwa dermawan. Pada tahun 1980, dilantai dasar rumahnya dia membuat salad dressing (saus salad) dan dibagikan kepada tetangga dan kenalannya. Mereka suka dengan saus salad buatan Paul Newman. Akhirnya, timbullah niatnya untuk membuat perusahaan saus salad dan diberinya nama Newman's Own Salad Dressing.

Pada tahun 1982, tahun pertama beroperasi, keuntungan dari menjual saus salad mencapai US$ 396,674  (sekitar Rp 3,5 milyar). Apa reaksi Paul Newman, "Mari kita sumbangkan semuanya kepada yang membutuhkan". Luar biasa!!.
 “I want to acknowledge luck; the chance and benevolence of it in my life, and the brutality of it in the lives of others, who might not be allowed the good fortune of a lifetime to correct it". Paul Newman sangat bersyukur atas semua keberuntungan yang dia dapatkan dan kesempatan dalam hidupnya untuk beramal. Paul Newman juga menyadari betapa banyak orang yang hidup sengsara dan tanpa pernah mendapat keberuntungan untuk memperbaiki hidupnya.

Sejak itu lahirlah sebuah yayasan Newman's Own Foundation. Hingga hari ini, Paul Newman tetap konsisten dengan menyumbangkan semua penny (kalau di Indonesia, semua rupiah) dari hasil usahanya tersebut untuk kegiatan amal.

Pada tanggal 3 November 2010 yang lalu, keseluruhan dana yang disumbangkan oleh Newman's Own Foundation telah mencapai $ 300 juta (sekitar 3 trilliun rupiah). 

Membaca kedermawanan Paul Newman saya sampai terhenyak. Kok ada orang yang sangat luar biasa seperti itu. Paul Newman memang sudah terkenal dan kaya pada waktu itu. Tapi saya yakin, jiwa kedermawanannya sudah ada sebelumnya. Jiwa kedermawanan tidak bisa muncul mendadak.

Saya terus ingat akan perusahaan roti Greyston Bakery. Bernard Tetsugen Glassman, pendiri perusahaan Geryston membuat perusahaan roti agar bisa memperkerjakan orang, bukan memperkerjakan orang agar bisa membuat perusahaan roti.

Saya jadi bermimpi untuk bikin usaha kecil (karena duit saya belum banyak) dimana 100%  keuntungannya (setelah dipotong pajak) dipakai untuk membiayai kegiatan amal melalui Yayasan Ummy. Ada saran? Kontak saya di setiabudi55@yahoo.com

No comments:

Post a Comment