Wednesday, February 2, 2011

Lingkaran Sedekah

The Birmingham Change Fund
Bila kita bersedekah bersama-sama, tentunya dampaknya akan bisa lebih besar dibandingkan bila kita bersedekah sendiri-sendiri. Itulah yang mendasari tumbuhnya berbagai lingkaran sedekah (giving circles), utamanya di negara negara maju. Asian Women Giving Circle, sebagai contoh, sejak didirikan pada tahun 2005 mampu memberikan sedekah sekitar $ 90.000 setiap tahunnya. Asian Women Giving Circles saat ini beranggotakan 24 orang dan mereka menyatukan sedekah masing masing anggota dan menyalurkannya untuk kegiatan amal, khususnya kegiatan amal yang terkait dengan imigran Asia di Amerika.

Menjelang akhir tahun 2003, sekitar 20an orang keturunan Afrika Amerika yang tinggal di Birmingham, Alabama, Amerika berkumpul untuk mendiskusikan tentang apa yang bisa mereka kembalikan sebagian yang mereka punyai kepada masyarakat dimana mereka tinggal . Dengan difasilitasi oleh Darryl Lester dari Hindsight Consulting Firm dan Linetta Gilbert dari Ford Foundation, mereka akhirnya sepakat untuk membentuk kelompok sedekah yang mereka beri nama The Birmingham Change Funds. Kelompok sedekah tersebut mampu menggalang dana sebesar $ 10.000 setiap tahunnya dan menyedekahkannya di 3 bidang kegiatan yang mereka nilai mempunyai daya ungkit tinggi: pendidikan, pelayanan kesehatan dan ekonomi.

Saya kira lingkaran sedekah sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia. Pertama, karena kemampuan menyumbang masyarakat Indonesia masih terbatas, dilain pihak jumlah lembaga amil zakat yang bisa dipercaya dan amanah di Indonesia juga masih sedikit. Dengan menggabungkan uang sedekah, maka kelompok atau lingkaran sedekah bisa mempunyai kemampuan dalam memilih kegiatan amal yang benar benar bermanfaat bagi masyarakatnya.

Cara membentuk Lingkaran Sedekah juga santa mudah. Cukup dengan kesepakatan sekitar 10-20 orang yang sepakat untuk sedekah bersama, maka sebuah lingkaran sedekah bisa terbentuk. Saat ini di Indonesia banyak sekali bidang atau ladang amal yang menunggu uluran tangan para dermawan. Selain itu, insya Allah, sedekah yang kita sumbangkan tidak hanya akan bermanfaat bagi penerima sedekah, tapi juga akan memberi dampak positif juga kepada para penyumbang.


No comments:

Post a Comment