Friday, February 11, 2011

San Patrignano, merehabilitasi pecandu obat secara GRATIS

San Patrignano adalah sebuah therapeutic farm community di Italy yang menerima pecandu obat bius yang ingin sembuh dan belajar untuk kembali ke masyarakat. Semuanya gratis, tanpa perlu membayar. Yang diperlukan hanyalah kesediaan dan tekad untuk lepas dari kecanduan obat terlarang.

Para peserta program akan tinggal disebuah desa dan bekerja di peternakan atau pertanian milik yayasan. Mereka juga mendapat pelayanan kesehatan, pelatihan ketrampilan dan pendidikan tambahan.Peserta program biasanya akan tinggal disana selama 3-5 tahun.

Sejak 1978 San Pratignano telah melepas lebih dari 20.000 pecandu obat bius untuk kembali ke masyarakat. Saat ini ada sekitar 1800 orang yang tinggal disana.San Patrignano juga mempunyai koperasi usaha dimana semua keuntungannya dipakai untuk membiayai kebutuhan hidup peserta program. Selain itu, ada 3 lembaga nirlaba yang memberikan pelatihan ketrampilan kerja sehingga mereka akan bisa kembali bekerja di masyarakat.

San Patrignano tidak memandang masalah kecanduan obat bius sebagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Dengan pendekatan yang mereka lakukan, lebih dari 70% peserta program bisa lepas dari kecanduan obat bius dan kembali ke masyarakat.

No comments:

Post a Comment