Saturday, February 19, 2011

5 Cara mengalahkan setan bakhil

Memang ada setan bakhil? ada ! Setan bakhil adalah setan yang menghalangi kita membayar zakat atau memberi sedekah. Bila kita melihat ada pengemis, maka setan bakhil mulai bereaksi. Setan bakhil akan bilang: pengemis adalah orang malas, dalam sehari pengemis bisa mendapat sedekah lebih besar dari penghasilan tukang ojek yang kerja keras, dan banyak alasan lainnya yang membuat kita tidak jadi memberi sedekah.

Bagaimana cara mengalahkan setan bakhil? Setidaknya ada 5 langkah yang perlu dicoba

  1. Baca artikel tentang manfaat sedekah dan pengalaman dari orang orang yang rajin bersedekah. Misalnya kunjungi testimoni uswatun khasanah dari wisata hati di http://www.wisatahati.com/modul.php?flmodul=content_testimoni_title. Apa yang bisa anda pelajari? Pertama bahwa manfaat sedekah tidak hanya kepada si penerima sedekah, ternyata ada juga manfaat bagi sipemberi sedekah. Kedua bahwa sedekah bisa dilakukan tanpa perlu menunggu kaya. Ketiga, sedekah harus ikhlas karena Allah semata.
  2. Potong langsung 2,5% dari setiap uang (gaji, bonus, hadiah, keuntungan, dll) yang anda terima dan masukkan kedalam amplop khusus. Uang tersebut hanya boleh dipakai untuk zakat dan sedekah. Dengan adanya uang sedekah yang selalu tersedia, maka kegiatan sedekah atau membayar zakat akan menjadi lebih mudah dilaksanakan. Selain itu, dengan memotong langsung 2,5% tidak akan terasa berat. Apalagi bila hal tersebut sudah menjadi kebiasaan.
  3. Kurangi jalan jalan ke mall atau toko dan ganti dengan menengok orang sakit (apalagi yang dirawat di kelas 3), mengunjungi tetangga yang lebih lemah kemampuan eknominya, datangi panti asuhan, dan berbagai kegiatan amal lainnya.
  4. Mulai memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan. Dengan urutan mulai dari orang tua, saudara sekandung, saudara dekat, saudara jauh, tetangga, orang miskin dan musafir. Bila semua saudara kita hidup berkecukupan, bantulah tetangga yang memerlukan atau panti asuhan terdekat
  5. Perbanyak bergaul dengan orang orang sholeh, datangi pengajian dan majlis taklim.
Selamat mencoba


No comments:

Post a Comment