Sunday, February 20, 2011

Ilmu tentang sedekah (The science of giving)-4

Katya Andersen dalam blognya http://www.nonprofitmarketingblog.com/ mengupas beberapa hal hal yang penting kita ketahui dalam kaitannya dengan sedekah. Katya mengutipnya dari sebuah buku The Science of Giving.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui, khususnya bila anda bergerak didalam kegiatan sosial yang memerlukan dukungan dana dari orang lain:
  1. Orang biasanya mau menyumbang lebih bila sumbangan tersebut dipakai untuk menolong orang yang dia kenal, orang yang mempunyai banyak kemiripan atau mempunyai kaitan tertentu (misalnya: sama sama alumni satu sekolah, teman satu kampung, dll).
  2. Bila jumlah korban terlalu banyak, besarnya sumbangan lebih kecil dibandingkan bila korbannya hanya beberapa orang. Ternyat menurut penelitian 'singularity effect" berperan sangat kuat".
  3. Orang lebih mudah simpati kepada orang orang yang dekat (keluarga, sahabat, kenalan). Ha ini sesuai dengan Al Quran agar urutan sedekah sebaiknya dimulai kepada orang tua, saudara, kaum kerabat, baru kepada fakir miskin. Jarak dengan tempat tinggal kita juga berpengaruh. Orang lebih mudah memberi sedekah kepada orang yang tinggal satu kota dibandingkan dengan orang yang tinggalnya jauh dari tempat tinggal kita.
  4. Kita juga lebih mudah menolong atau menyumbang bila penyebabnya adalah sesuatu yang memang ingin kita tolong. Ada orang yang cenderung menyumbang karena masalah kecanduan obat bius, namun ada juga yang senang menyumbang masalah yang terkait dengan kemiskinan, bisa juga kepada yatim piatu, dll. Bila kita simpati dengan masalah yatim piatu maka kita akan lebih mudah menyumbang ke panti asuhan.
Apa implikasi bagi yayasan sosial dalam penggalanagan dana:
  1. Kita harus mencoba sebisa mungkin untuk mengkaitkan permintaan sumbangan dengan kebutuhan seseorang yang terkait dengan calon penyumbang.
  2. Hentikan presentasi soal data dan statistik. Lebih baik bila kita bisa menyampaikan kisah nyata dan pendapat pribadi/pernyataan dari orang orang yang kita tolong.
  3. Gunakan media sosial (FB, twitter, dll) untuk mendapat dukungan. Minta agar teman anda meminta kepada temannya untuk mendukung yayasan sosial anda.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment