Saturday, February 5, 2011

7 Langkah efektif mencegah gangguan jiwa bagi remaja

Hidup di zaman sekarang, kalau tidak kuat , kita bisa terkena stress dan gangguan jiwa. Banyak gangguan jiwa mulai menyerang anak anak usia remaja. Untuk itu, anda atau anak anda yang masih remaja  perlu tahu langkah langkah pencegahannya.

  1. Jangan berani coba coba memakai obat terlarang. Hindari alkohol. Obat terlarang dan alkohol terbukti dapat merusak otak yang menyebabkan seseorang terkena gangguan jiwa.
  2. Lakukan upaya terus menerus meningkatkan ketrampilan sosial. Jika anda seorang pemalu, belajarlah untuk bergaul. Bila tinggal di rumah kost, usahakan untuk punya teman sekamar.
  3. Hindari isolasi sosial.Jangan terlalu banyak menyendiri. Usahakan untuk keluar rumah dan berinteraksi dengan teman minimal 2 hari sekali.
  4. Lakukan upaya terus menerus untuk mempertahankan persahabatan dengan orang dewasa. Bila anda tidak bisa curhat dengan orang tua, upayakan bisa curhat dengan orang saudara atau teman yang sudah dewasa yang anda percayai.
  5. Lakukan upaya extra untuk selalu berpikir positif dan bersyukur. Kegagalan atau kemunduran adalah sesuatu yang biasa dalam hidup. Upayakan untuk selalu berpikir positif dan bersyukur.
  6. Lakukan upaya extra untuk belajar mengatasi stress dan kecemasan. Bila anda merasa cemas, stress, sedih, ketakutan, coba diskusikan dengan orang tua atau saudara. Coba pelajari buku mengatasi kecemasan atau stress yang banyak dijual di toko buku.
  7. Jangan segan minta tolong kepada psikolog atau psikiater bila anda mulai kesulitan mengatasi masalah psikologis. Yang ini jelas.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment