Saturday, February 5, 2011

10 sumbangan individu terbesar tahun 2010

Berikut ini daftar penyumbang individu terbesar di Amerika tahun 2010:

  1. 1. $ 117.2 juta  (ikrar) Leonard Blavatnik, pendiri  Access Industries kepada the University of Oxford (England) untuk mendirikan the Blavatnik School of Government
  2. $110-juta (warisan) Frances Lasker Brody, yang menerima tinggalan dari suaminya yang meninggal dan keluarganya untuk disumbangkan kepada  the Huntington Library, Art Collections, and Botanical Gardens (San Marino, Calif.)
  3. $100-juta (ikrar) Marc Benioff, chairman of Salesforce.com, dan istrinya, Lynne kepada University of California at San Francisco Children's Hospital untuk pembangunan gedung baru.
  4.  $100-juta (ikrar) Henry R. dan Marie-Josée Kravis Foundation; Mr. Kravisadalah salah seorang pendiri Kohlberg Kravis Roberts & Company disumbangkan ke  Columbia Business School (New York) untuk perluasan proyek.
  5. $100-juta (pledge) T. Boone Pickens, pendiri Mesa Petroleum and BP Capital Management disumbangkan ke Oklahoma State University (Stillwater) untuk wakaf bea siswa.
  6. $100-juta (ikrar) Mark Zuckerberg, pendiri  Facebook untuk pendirian yayasan Education (Palo Alto), untuk mendukung the Newark, N.J., public-school system 
  7. $88-juta (ikrar) Terrence M. Pegula, pendiri perusahaan energi East Resources, dan istrinya , Kim Pegula ke Pennsylvania State University (State College) untuk mengembangkan arena hockey 
  8. $80-juta (ikrar) David R. Atkinson, pensiunan partner di the Miller, Anderson & Sherrerd perusahaan manajemen keuangan, dan istrinya, Patricia ke Cornell University (Ithaca, N.Y.) untuk David R. Atkinson Center for a Sustainable Future 
  9. $75-million (ikrar) Irwin M. Jacobs, salah seorang pendiri Qualcomm, dan istrinya, Joan ke the University of California at San Diego Health System (La Jolla) untuk pembangunan medical center baru.
  10. $60-juta (ikrar) John F. McDonnell and JSM Charitable Trust; Mr. McDonnelladalah bekas chairman of McDonnell Douglass Corporation disumbangkan ke Washington University in St. Louis, Amerika. 
Sebenarnya besarnya "nilai" sumbangan tidak ditentukan oleh banyaknya uang secara absolut, tetapi "nilai" sedekah lebih ditentukan dari persentase sumbangan dibandingkan dengan jumlah kekayaan si penyumbang. Seorang yang hanya punya uang Rp 100,000 dan menyumbangkan Rp 50,000 untuk ibunya yang sedang memerlukan uang lebih besar "nilai" sedekahnya dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai uang Rp 1 juta dan menyumbangkan Rp 100,000 untuk ibunya.

Selain itu, menurut ajaran agama, waktu menyumbang atau bersedekah paling afdhal adalah ketika kita muda dan masih punya banyak cita cita, ketika kita masih ingin kaya, ketika duit kita juga masih sedikit.

Nah, tunggu apa lagi. Mari berlomba-lomba bersedekah dan melakukan kegiatan amal lainnya. Mumpung masih ada waktu.

No comments:

Post a Comment