Thursday, February 24, 2011

David, berhasil keluar dari jurang kemiskinan.

Pada tahun 2008, ada sekitar 12.000 gelandangan di negara bagian Kalifornia, Amerika Serikat. David (bukan nama sebenarnya) pernah menjadi salah satu diantaranya.

David  ingat ketika dia masih berumur 14 tahun di tahun 1979. Saat itu dia sedang naik mobil bersama ayahnya (di Amerika, hampir semua orang punya mobil dan harganya relatif murah) dan melewati seorang gelandangan yang membawa gerobak berisi barang miliknya. Ayahnya berkata:" Apa yang akan kamu  lakukan dalam hidupmu? Apakah kamu punya rencana?". Ayahnya melanjutkan: "Tanpa mempunyai rencana apa yang akan kamu lakukan dalam hidupmu, kamu akan bisa menjadi gelandangan seperti itu".

David saat itu tidak punya rencana mengenai apa yang akan dilakukan dalam hidupnya. Oleh karena itu, selepas SMU dia kemudian mulai mengisap marijuana dan memakai Kokain. Dia menjadi kecanduan dan  masalah mulai menjerat hidupnya. Mulanya dia menipu keluarganya dan mencuri barang barang milik mereka. Setelah itu, penipuannya melebar ke orang orang lain yang mempercayainya. Akhirnya, dia mulai hidup mengelandang dari satu kota ke kota lain. Kadang selama beberapa bulan dia harus masuk penjara karena melakukan kejahatan untuk membiayai kebiasaannya mengkonsumsi narkoba.

Pada tahun 2003, setelah beberapa tahun hidup tidak menentu dan menggelandang, David mulai jenuh dengan gaya hidupnya. Dia merasa bahwa bahwa saat itu dia sudah berada didasar jurang kemiskinan. Dia tidak punya apa apa. Akhirnya David mendatangi Community Housing Partnership di kota San Fransisco, Kalifornia. Community Housing partnership merupakan sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan perumahan dengan sewa murah, memberikan pelatihan kerja, bimbingan dan konseling, dan membantu mencarikan pekerjaan bagi bekas gelandangan dan pecandu narkoba.

Setelah beberapa lama tinggal di perumahan milik Community Housing Partnership dan mendapat pekerjaan tetap, kini David bisa bekerja dan hidup mandiri.

Community Housing Partnership merupakan salah satu organisasi nirlaba yang mendapat sumbangan dari The Robert  Enterprise Development Fund (REDF), sebuah organisasi sosial yang mendanai dan meberikan bantuan teknis bagi wirausaha sosial.  Websitenya bisa dikunjungi di  http://www.redf.org/about-redf .

No comments:

Post a Comment