Saturday, May 5, 2012

Pengendalian penyakit kencing manis


Komplikasi diabetes
Tulisan ini merupakan kelanjutan tulisan sebelumnya
Penyakit kencing manis atau gula darah atau diabetes mellitus adalah penyakit serius yang memerlukan komitmen penderitanya dalam jangka panjang/ seumur hidup. Komitmen tersebut perlu dilakukan setiap saat dan dalam jangka lama. Meskipun cukup berat, upaya tersebut akan dapat mengurangi resiko terjadinya komplikasi yang sering mengancam nyawa.
Beberapa hal yang perlu dilakukan bila kita terkena penyakit kencing manis:
Buat niat untuk mengendalikan penyakit gula yang anda derita. Pelajari seluk beluk penyakit gula darah, bangun hubungan yang baik dengan dokter dan perawat serta pihak pihak yang terkait lainnya. Saat ini, dengan adanya internet, kita bisa dengan mudah belajar tentang penyakit apa saja, termasuk penyakit diabetes mellitus. Kalau perlu ilmu anda tentang gula darah jangan sampai kalah jauh dibanding dokter yang merawat anda.
Pilih makanan sehat dan upayakan agar berat badan menjadi normal. Bila anda kegemukan, dengan mengurangi 10% saja dari berat badan sekarang akan berpengaruh terhadap kadar gula darah anda secara bermakna. Makanan yang sehat adalah makanan yang utamanya terdiri dari buah buahan, sayuran, whole grain (biji-bijian utuh), tumbuhan polong (legumes) dan dengan sedikit saja makanan yang mengandung lemak jenuh. Silahkan konsultasi dengan ahli gizi di kota anda.
Jadikan olah raga sebagai kegiatan harian rutin. Olah raga rutin dapat mencegah timbulnya prediabetes dan diabetes tipe 2. Bagi yang sudah terkena penyakit gula, olah raga setiap hari secara rutin akan membuat gula darah menjadi tetap terkendali. Disarankan agar setidaknya berolah raga sedang (misalnya jalan cepat) selama 30 menit setiap harinya. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara olah raga aerobik (misalnya jalan cepat) bila dikombinasikan dengan olah raga untuk memperkuat tubuh (seperti angkat besi, yoga) akan lebih efektif dibandingkan bila hanya melakukan satu jenis olah raga saja.
Bila anda penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2 dan memakai insulin (atau obat anti diabetes lainnya), yang bisa menyebabkan anda pingsan karena kadar gula jauh dibawah normal (bisaberakibat fatal), maka usahakan agar selalu membawa glucagon kit dan pastikan bahwa orang orang dekat anda tahu cara memakainya bila anda sampai pingsan. Sebaiknya bawa tanda pengenal bahwa anda penderita sakit gula yang bisa pingsan bila kadar gula jatuh dibawah normal.
Cek kesehatan setiap tahun. Meskipun anda sering ketemu dokter untuk pengobatan sakit gula darah anda, cek kesehatan secara umum setahun sekali diperlukan untuk memonitor adanya komplikasi akibat sakt gula darah, termasuk cek terhadap kesehatan mata anda. Penyakit gula darah sering menimbulkan komplikasi berupa katarak, glaukoma dan diabetic retinopathy.
Perhatikan dan rawat kaki anda. Setiap hari rawat kaki anda dengan merendam dalam air hangat hangat kuku. Kemudian keringkan dengan kain kering, utamanya dibagian sela sela jari kaki. Beri lotion pelembab (sela jari jari kaki jangan diberi pelembab, karena malahan akan mendorong munculnya penyakit jamur, dll). Perhatikan apakah ada luka, melepuh, bengkak, kemerah-merahan, sakit di kaki. Segera konsultasikan dokter bila ada gangguan dikaki yang tidak sembuh sendiri dalam beberapa hari.
Kendalikan tekanan darah dan kadar cholesterol darah. Dengan diet dan dan olah raga teratur biasanya tekanan darah juga ikut terkontrol. Namun kadang obat penurun tekanan darah juga diperlukan.
Jaga kesehatan gigi. Penyakit kencing manis sering menyebabkan timbulnya gangguan gusi. Oleh karena itu, gosok gigi dan floss (pembersihan sela sela gigi dengan benang) setidaknya 2 kali sehari. Periksa dan konsultasi dengan dokter gigi setidaknya sekali setahun. Bila gusi berdarah, bengkak, merah atau sakit, segera konsultasi ke dokter gigi.
Berhenti merokok. Merokok meningkatkan resiko terkena komplikasi akibat penyakit gula, seperti: stroke, serangan jantung, gangguan urat saraf, dan gangguan ginjal. Penderita penyakit gula yang merokok maka kemungkinan meninggal karena serangan jantung akan lebih tinggi dibanding penderita gula darah yang tidak merokok. Bila anda merokok, maka upayakan dengan sungguh sungguh agar bisa berhenti merokok. Banyak teknik berhenti merokok yang bisa dipelajari secara gratis di internet.
Berhenti minum alkohol dan kendalikan stress secara serius. Bila anda suka minum minuman keras, maka berhentilah karena alkohol bisa menyebabkan gula darah anda naik atau turun tergantung kapan anda minum alkohol. Stress menyebabkan kadar gula darah sukar dikendalikan karena stress menyebabkan sel sel tubuh kurang peka terhadap insulin. Kendalikan stress denga tidur yang cukup, latihan teknik relaksasi dan berbagai teknik managemen stress lainnya.
Referensi: http://www.mayoclinic.com/health/diabetes/DS01121/DSECTION=lifestyle-and-home-remedies

No comments:

Post a Comment