Tuesday, May 8, 2012

Kegagalan sebagai kunci kesuksesan

Cukup banyak orang yang tidak pernah gagal. Bukan karena mereka hebat, tapi karena mereka tidak pernah mencoba sesuatu yang baru. Mereka hanya mengerjakan hal yang sama selama 10-20 tahun. Karena itu mereka tidak pernah gagal, namun juga tidak bisa dibilang sukses.

Kita sering mengharapkan sesuatu  hal yang tidak masuk akal, yaitu mengerjakan hal yang sama namun mengharap hasil yang berbeda. Analoginya, kita menanam padi namun mengharapkan panen mangga. Kalau kita selama bertahun tahun mengerjakan hal hal yang itu itu juga, jangan pernah berharap karir kita melejit atau mendapat peningkatan rezeki secara bermakna. Agar hidup sukses dan memuaskan , kita memang harus berani mencoba sesuatu yang baru. Tentu saja, kemungkinan gagal juga ada.

Saya termasuk orang yang sering gagal. Dalam hal pekerjaan, sebagai contoh, dulu saya pernah mendaftar kerja sebagai staf profesional (nasional) di 2 badan di bawah PBB. Kedua-duanya gagal. Pernah juga mendaftar di lembaga bantuan asing, juga gagal. Saya juga pernah gagal ketika mendaftar program S3 ke sebuah universitas di Amerika Serikat.

Namun saya tidak menyesal dengan kegagalan kegagalan tersebut. Pertama, bagi saya melewatkan kesempatan tanpa mencobanya akan membuat saya lebih menyesal. Oleh karena itu, ketika ada kesempatan di depan mata, saya coba meraihnya. Saya usahakan dengan sungguh sungguh untuk menggapainya. Namun, saya juga sholat istikharah. Saya serahkan hasilnya kepada Allah yang Maha Mengetahui  karena saya tidak tahu apakah kesempatan tersebut benar benar baik untuk saya atau tidak. Ternyata Tuhan berkehendak lain. Saya gagal ketika itu.

Saya mencoba kesempatan lain yang ada. Ada yang berhasil, namun ada juga yang gagal. Kita baru benar benar gagal, bila kita sudah tidak mau mencobanya lagi. 

No comments:

Post a Comment