Friday, October 15, 2010

Jihad kecil-kecilan

Banyak cara mudah dalam beramal sholeh. Menyingkirkan duri di jalan, sebagai contoh, sudah merupakan amal sholah dan menunjukkan keimanan. Kegiatan amal sholeh lainnya, yang jauh lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan menyingkirkan duri, adalah mendirikan  Rumah Baca Kobar oleh Bapak Suroto S. Toto  di desa Kalimiru, Bayan. Mas Agus Syafii mengembangkan Rumah Amalia. Jihad fisabilillah dengan harta dan jiwa adalah amal sholeh yang paling tinggi nilainya.
Saya termasuk pengagum Dompet Dhuafa (DD), sebuah lembaga amil zakat nasional yang mampu menggalang dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah hingga puluhan milyar rupiah. DD bermula dari kegiatan penggalangan dana karyawan Harian Republika yang kemudian berkembang menjadi salah satu lembaga amil zakat terbesar di Indonesia. Mereka bisa menjadi besar karena dukungan dari banyak orang yang menyumbang, baik secara moril , tenaga maupun materiil. Agar bisa semakin berkembang, RB Umiyah juga memerlukan banyak dukungan moril, tenaga dan materiil. Banyak hal bisa dilakukan, yang  insya Allah bernilai amal sholeh ,dan sekaligus membuat RB lebih bermanfaat bagi masyarakat tidak mampu. 
Beberapa kegiatan yang terlintas di otak saya adalah:
  • Mempromosikan website ini ke teman teman anda. Syukur kalau disertai dengan anjuran untuk menyumbang atau berwakaf. Insya Allah pengurus Yayasan/RB adalah orang orang yang amanah.
  • Setiap selesai sholat wajib, mendoakan RB Umiyah agar semakin sukses dan berkah, mendoakan para donator/petugas RB dan pengelola Yayasan.
  • Memperkenalkan keberadaan RB Umiyah kepada teman/sanak saudara yang tinggal di sekitar lokasi di desa Lugosobo, Purworejo. Bisa disampaikan kepada mereka bahwa tidak ada persyaratan administrasi apapaun. Bila pasien punya dana, silahkan memasukkan ke kotak amal seikhlasnya. Petugas tidak akan melihat berapa uang yang dimasukkan ke kotak amal.
  • Membantu transportasi pasien dari keluarga tidak mampu untuk berobat ke RB dan Poli Umum Umiyah
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan RB 
  • Bila anda seorang petugas kesehatan, ikut berpraktek dan memberikan pelayanan kesehatan.
  • dll
RB Umiyah adalah ladang amal yang terbuka buat siapa saja untuk bergabung. Mari kita berlomba-lomba menanam untuk akhirat.

No comments:

Post a Comment