Saturday, January 22, 2011

Cara mengenali panggilan jiwa

Bagaimana caranya agar hidup kita berarti? Hidup yang berarti adalah hidup yang tidak hanya sekedar lahir, sekolah, kerja, berkeluarga, punya anak, kemudian mati dan dilupakan orang. Hidup yang berarti adalah hidup yang benar benar memuaskan, membuat kita mati dengan senyum. Hidup yang bisa membuat sesuatu menjadi lebih baik dibandingkan saat kita menemukannya. Hidup yang membawa kebaikan bagi banyak orang.

Waktu kecil kita diarahkan untuk punya cita cita jadi insinyur, dokter, tentara, dll. Sering orang tua kita tidak memperhatikan bakat dan kemauan si anak. Sebagai akibatnya, kita hanya memilih karir hanya karena ikut ikutan. Karena bapak saya seorang perawat (yang sukses), beliau ingin salah satu anaknya jadi dokter. Ternyata, meskipun saya bisa jadi dokter, saya menyadari bahwa saya bukan dokter klinik yang bagus. Untung saya bisa menemukan panggilan jiwa saya dan saya alihkan karir saya dari karir di bidang klinis (dokter spesialis) menjadi karir di bidang kesehatan masyarakat. Alhamdulillah, setiap pagi, sebagai PNS, saya bangun tidur dan berangkat kerja dengan penuh gairah.

 
Kata orang orang bijak, setiap orang di dunia ini dilahirkan dengan suatu tugas yang unik yang sesuai dengan panggilan jiwa, kemauan dan bakat orang tersebut. Bekerja sesuai dengan panggilan jiwa akan membuat seseorang merasa puas dan berarti dalam hidupnya. Dia akan bisa bangun pagi dan berangkat kerja dengan penuh gairah, tidak mudah patah semangat dan sukses. Sukses disini tidak harus berarti banyak uang mengalir, tetapi ada kepuasan jiwa. Uang tidak lagi menjadi alasan utama bekerja. Bekerja sesuai dengan panggilan akan menimbulkan rasa tenteram, kepuasan dan memberikan dampak positif tidak banyak orang.

 
Panggilan jiwa biasanya akan muncul ke permukaan dalam berbagai periode kehidupan kita, datang dan pergi. Karena panggilan jiwa tersebut tidak selalu menjanjikan kehidupan yang mewah dan enak, maka panggilan jiwa tersebut sering  kita abaikan. Berikut ini cara untuk menemukan panggilan jiwa tersebut yang saya kutip dari How To Find Your Calling in Life http://www.ehow.com/how_2326649_calling-life.html

 
  1.  Buat daftar cita cita atau impian dalam hidup anda. Jangan batasi daftar tersebut karena kondisi saat ini. Setiap hari coba bayangkan misi hidup yang anda impikan tersebut.
  2. Lakukan kilas balik kebelakang dan evaluasi kehidupan anda sekarang. Dari kilas balik tersebut, coba identifikasi apakah ada hal hal (kegiatan, ketemu orang, sesuatu barang) yang membuat anda bahagia, mendapat kepuasan, mendapatkan sesuatu yang sangat berarti bagi anda.
  3. Identifikasi area atau bidang dimana anda  ingin membuat perubahan dan ingin dikenang. Identifikasi hal yang sangat berarti bagi anda sehingga anda akan berani mengorbankan hidup anda untuk meraihnya.
  4. Buat daftar kejadian kejadian penting yang sulit anda lupakan. Apakah ada pola tertentu dari kejadian kejadian penting tersebut?
  5. Bila anda bekerja sesuai bakat dan panggilan jiwa anda, waktu sering berlalu tanpa terasa. Apakah anda pernah melakukan suatu kegiatan yang membuat anda lupa makan dan lupa waktu?
  6. Lakukan curah pendapat:  apa yang akan anda lakukan bila anda punya uang, waktu, tenaga dan upaya, dan gairah?
  7. Tuliskan tiga buah kalimat yang menggambarkan dimana anda telah menjadi sangat terharu dan tergerak untuk menolong karena melihat seseorang, kejadian atau karena adanya suatu alasan tertentu.
  8. Tanyakan pada teman atau keluarga dekat, hal hal apa yang sering anda bicarakan atau yang sering membuat anda tergerak atau bergairah? Bandingkan jawaban teman atau keluarga anda dengan daftar yang anda buat sendiri dengan menjawab berbagai pertanyaan pertanyaan sebelumnya tersebut.
  9. Nilai kemampuan, bakat alami, ketrampilan dan kelebihan yang ada pada diri anda sebagai dasar dari panggilan jiwa. Apakah ada pola tertentu?
  10. Lakukan test kepribadian untuk mengetahui bagaimana cara yang terbaik untuk mengikuti panggilan jiwa anda.
  11. Identifikasi orang lain yang mempunyai panggilan jiwa yang sama, bagaimana mereka bisa mengikuti panggilan jiwanya tersebut
  12. Buat daftar nama orang yang terkait dengan panggilan jiwa anda, dan bagaimana caranya agar bisa mendapat dukungan dari mereka.
Hal hal yang perlu diperhatikan:

  • Untuk bisa membuat daftar jawaban dari kesemua pertanyaan diatas, diperlukan waktu karena memang biasanya diperlukan waktu yang cukup lama untuk bisa mengenali panggilan jiwa. Jangan terburu-buru, namun juga jangan lekas putus asa.
  • Jangan membuat penilaian terhadap jawaban jawaban anda. Cukup tulis semuanya, nanti akan bermanfaat sambila jalan ketika kita harus mulai membuat perencanaan kedepannya.
 Yang penting jangan sampai kita sudah tua dan menyesali mengapa dulu kita tidak begini atau melakukan itu. Mari kita jadikan hidup kita sebagai hidup yang memberi banyak manfaat.

No comments:

Post a Comment