Sunday, January 9, 2011

Aturan no. 3: Rencanakan pengeluaran anda.

Aturan ketiga dalam manajemen keuangan pribadi adalah rencanakan pengeluaran anda. Isi tulisan ini saya sarikan dari website the Simple Dollar.

Setiap kali orang membaca judul tulisan diatas, reaksi pertama mereka adalah  "Hidup Anda pasti membosankan, jika Anda harus merencanakan ke depan setiap kali Anda memakai uang "

Perencanaan ke depan tidak berarti menghilangkan spontanitas dalam hidup, bahkan, setelah Anda terbiasa dengan perencanaan kedepan dan menjadi suatu rutinitas, sering kali kita dapat lebih spontan karena spontanitas yang kacau yang tidak direncanakan sudah tidak menjadi norma atau kebiasaan hidup anda lagi. Dan spontanitas kacau dan tidak terencana tersebut yang sering membuat orang-orang terjebak dalam  kesulitan pengeluaran yang besar.

Sangat mudah untuk menerapkan prinsip perencanaan ke depan pada setiap pembelian besar. Bagi sebagian besar dari kita, sudah terbiasa dengan menabung dan membuat perencanaan untuk pembelian rumah, mobil atau  pergi liburan ke luar negeri. Kita tidak akan pergi liburan ke luar negeri dengan biaya puluhan juta tanpa perencanaan. Hal tersebut adalah sesuatu yang logis dan hal tersebut memerlukan perencanaan juga.

Pembelian impulsif tanpa perencanaan banyak terjadi pada pembelian barang barang kecil. Pembelian sebuah ponsel mungkin akan dilakukan setelah beberapa pencarian informasi terhadap beberapa jenis ponsel atau mungkin benar-benar merupakan sebuah pembelian impulsif, padahal dengan melakukan penelitian selama  lima belas menit secara online anda dapat menghemat ratusan ribu rupiah. Hadiah lebaran sering dibeli dalam waktu minimal atau mepet, padahal Anda sering bisa menemukan hadiah yang lebih baik dengan harga yang sama atau barang yang sama dengan harga lebih murah dengan hanya perencanaan dan belanja keliling ke beberapa toko. Dengan menghabiskan tambahan waktu sepuluh menit untuk perencanaan dalam pembelian suatu barang , anda sering  bisa menghemat beberapa puluh ribu atau bahkan ratusan ribu rupiah.

Untuk pembelian barang seharga Rp 500 ribu atau lebih, (angkanya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan anda) gunakan aturan tiga puluh hari . Setiap barang yang akan dibeli dengan harga diatas Rp 500 ribu, masukkan nama barang tersebut kedalam daftar pembelian dan tunggu selama tiga puluh hari. Jika Anda masih tetap ingin membeli barang tersebut setelah tiga puluh hari dan Anda punya uang untuk membelinya, maka belilah barang tersebut. Sering, setelah 30 hari, kita tidak berminat lagi membeli barang tersebut.

Ada beberapa pembelian yang sering terjadi tanpa perencanaan, lebih karena dorongan impul impul kecil, yaitu  misalnya makan malam di restoran dekat rumah, nonton film atau beli DVD baru di toko, beli baju baru, celana, tiket nonton bola. Cukup sering, barang-barang tersebut dibeli dengan cepat dengan hampir tanpa pemikiran. Tentu, bisa menyenangkan untuk melakukan sesuatu secara spontan, tetapi spontanitas tersebut dapat menenggelamkan Anda.
Sebagai contoh, anda pergi berbelanja dengan seorang teman. Hanya karena iseng, kemudian anda membeli baju baru, setelah itu pergi makan siang bersama dan sambil mengobrol anda berjalan menuju ke gedung bioskop dan menonton film. Bagi banyak orang, hal tersebut terasa menyenangkan. Yang menjadi masalah adalah bahwa ternyata anda telah menghabiskan lebih dari Rp 250 ribu. Padahal uang tersebut diperlukan untuk membayar tagihan listrik, atau tagihan pulsa telepon seluler anda. Disini anda telah membuat beban tambahan untuk membiayai sesuatu yang tidak direncanakan.
Agar anda terhindar dari masalah seperti contoh diatas, namun tetap bisa hidup dengan momen momen spontan, setiap awal bulan ambil uang sebesar Rp 200 ribu (sesuaikan angka tersebut dengan penghasilan anda) dan masukkan kedalam dompet anda. Uang tersebut dapat anda gunakan sebagai uang spontan anda. Anda dapat gunakan uang tersebut pada awal bulan, misalnya pada hari kesepuluh, namun setelah itu hingga bulan berikutnya anda tidak bisa lagi melakukan pembelian spontan. Pada awal bulan berikutnya, dompet anda akan anda isi lagi dengan Rp 200 ribu.

Dengan pendekatan atau cara tersebut, pengeluaran spontan anda akan tetap terkontrol. Jelas, Anda dapat menyesuaikan jumlah tersebut sesuai denga keinginan dan kondisi keuangan anda.  Alasan utama kenapa kita perlu melakukan hal sederhana tersebut adalah karena memungkinkan kita untuk menjadi spontan tanpa merusak atau mengacaukan kondisi keuangan kita .
Beberapa orang yang arif akan melihat ini sebagai dasar-dasar anggaran - dan hal tersebut memang benar. Ini adalah anggaran sederhana namun cukup baik dan efektif. Dengan menempatkan uang yang di dompet Anda, Anda menetapkan jumlah untuk pengeluaran spontan Anda. Uang yang ada ditabungan tetap aman, dan anda membayar tagihan bulanan dengan uang yang ada ditabungan tersebut.

Tentunya anda harus hati hati untuk tidak sembarangan menghabiskan dana spontan anda diawal bulan dan dompet anda kosong hingga terisi lagi dibulan berikutnya. Setelah beberapa bulan anda bisa menyesuaikan besarnya dana spontan di dompet anda. Yang penting, jangan sampai menganggu dana ditabungan yang sudah dicadangkan untuk membayar kebutuhan lainnya.
Dengan cara seperti tersebut diatas, Anda akan tahu pola pengeluaran spontan anda apakah anda buang uang anda tersebut untuk hal hal yang kurang berguna. Bulan berikutnya, uang dalam dompet mungkin bertahan sampai hari ke 27, karena anda sedikit lebih selektif dalam memanfaatkan uang spontan Anda..
Setelah beberapa bulan, Anda mungkin menemukan penyesuaian dalam rangka - baik atas atau bawah. Penyesuaian tersebut baik-baik saja asalkan Anda membayar semua tagihan Anda dan secara aktif mengurangi hutang atau meningkatkan tabungan pribadi Anda.
Kunci sebenarnya adalah: setiap tindakan yang Anda ambil perlu didahului dengan sedikit pemikiran, baik sebelumnya, pada saat, atau sesudahnya. Sedikit refleksi sering memberitahu Anda apakah pilihan yang telah anda pilih benar atau salah bagi Anda - apakah hal tersebut benar-benar memberi manfaat dalam hidup Anda.

Kemudian, secara sadar mengambil langkah-langkah untuk mengurangi hal-hal yang tidak menambah manfaat hidup anda. Model anggaran yang sederhana ini sangat berguna. Yang penting, dengan hanya sedikit perencanaan ke depan anda dapat membuat perbedaan besar dalam keuangan anda.

Ringkasnya: Sebelum membeli sesuatu barang atau jasa, kumpulkan informasi terlebih dulu. Lakukan pilihan secara sadar berdasar informasi yang anda peroleh. Untuk pengeluaran besar, lakukan pembelian setelah 30  hari kemudian. Berarti anda punya waktu 30 hari untuk mencari informasi dan mengambil keputusan. Untuk mengendalikan pengeluaran spontan, anggarkan besarnya pengeluaran spontan per bulan dan masukkan kedalam dompet anda.

Silahkan mencoba. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment