Monday, January 3, 2011

Karir dokter gigi setelah pensiun: membuat klinik gigi untuk masyarakat miskin

Setelah karirnya sebagai seorang dokter gigi harus berakhir karena arthritis, Seymour Rettinger kemudian mengembangkan sebuah klinik gigi nirlaba untuk keluarga yang berpenghasilan rendah.  mula mula Seymour Rettinger sangat terpukul ketika ahli bedah ortopedi a melihat jarinya terkena rematik dan mengatakan kepadanya bahwa ia harus berhenti berpraktek segera. Rettinger telah bekerja dokter gigi selama lebih dari tiga dekade.

Sekarang dia memiliki karir yang baru membina sebuah klinik gigi nirlaba untuk keluarga yang berpenghasilan rendah di Middlebury, Vermont, Amerika.

Dia sangat bahagia menemukan dirinya sendiri telah melakukan hal-hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, seperti menulis rencana bisnis, bertemu dengan penyandang dana lokal untuk meminta hibah dan menyisir data sensus. Dia sekarang bekerja lebih dari penuh waktu dan mencintai karir barunya.

"Kebutuhan akan pelayanan kesehatan gigi ada di sini," katanya, "dan unik, saya mengisi kekosongan itu karena saya memiliki keterampilan, motivasi dan waktu. Dan waktu adalah yang terpenting. Saya dapat memberikan semua waktu ini."

Kembali pada bulan Juli 2001, Rettinger enggan untuk mengikuti nasihat dokter  untuk menutup praktek dokter giginya di New York City. "Saya bereaksi dengan buruk," ia ingat. "Dunia saya berakhir. Saya punya empat jari namun tidak bisa bekerja."

Setelah mengidentifikasi dirinya sebagai seorang dokter gigi selama seluruh hidupnya, perubahan dramatis tampaknya menantinya. "Saya merasa bahwa saya benar-benar perlu untuk menemukan kembali diri saya sendiri," kata Rettinger. Ia menemukan jati dirinya yang baru di Middlebury, VT, di mana dia dan istrinya menikmati rumah musim panas selama beberapa tahun. Tiba-tiba kelihatannya sangat bagus untuk untuk tinggal disana selamanya, terutama ketika anak mereka sekarang telah mengajar di Middlebury College. Rettingers membuat lompatan, menjual rumah musim panas mereka dan membeli rumah untuk tinggal sepanjang tahun.

Sebagai bagian dari masyarakat Middlebury, Rettinger mulai bisa melihat-lihat lingkungannya untuk menemukan sesuatu yang bisa dilakukannya. Ia bergabung dengan Dewan lokal klinik medis gratis dan menemukan adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi untuk perawatan gigi untuk pasien yang berpenghasilan rendah dan tanpa asuransi. Dokter gigi lokal menghindar dari pasien Medicaid dan tanpa asuransi , mereka tidak mampu atau tidak mau melayaninya.

Rettinger tahu dari dokter gigi lain di Brattleborough, VT, yang telah mulai buka praktek dengan memberikan pelayanan perawatan gigi untuk pasien Medicaid dan pasien tanpa asuransi pasien dengan subsidi silang  biaya yang dibayar oleh klien dari kalangan mampu dan yang dicakup asuransi. Klinik ini cukup sukses, sehingga baru-baru ini telah membuka sebuah klinik yang kedua.

Dia pikir praktek serupa bisa jalan juga di Middlebury. Ia melihat ke dalam sensus data dan belajar bahwa 9.000 pria, wanita dan anak-anak lokal dilindungi oleh Medicaid membutuhkan perawatan gigi, dan hanya 23 persen dari mereka menerima layanan gigi. Rettinger ditunjuk sebagai seorang Presiden baru organisasi nirlaba, Addison County Dental Care (ACDC), dan dia mulai bekerja untuk membuat mimpinya menjadi kenyataan. Organisasi menyediakan sebuah ruang dan membuat rencana untuk menyewa seorang dokter gigi untuk menjalankan praktek milik ACDC seolah-olah itu miliknya sendiri. Ketika dibuka, praktek akan sepenuhnya dilengkapi dengan perawatan medis kelas atas dan akan memiliki asisten gigi.

Dokter gigi yang menjalankan praktek akan melayani pasien Medicaid dan pasien tanpa asuransi dengan membayar 40-50 persen dari tarif , dan mencari keuntungan dari pasien yang membayar penuh. "Ini adalah kesempatan untuk menjadi wirausaha  sosial," Rettinger menjelaskan. ACDC telah menetapkan sasaran untuk memberikan layanan kepada 900 pasien dari kalngan tidak mampu dalam tahun pertama.

Sejauh ini ACDC telah  menghasilkan pendapatan sekitar $300.000. Untuk bisa menutup biaya operasional , Rettinger perlu meningkatkan tambahan pendapatan sebesar $150.000. "Kami benar-benar percaya bahwa sasaran itu akan bisa tercapai," katanya.

No comments:

Post a Comment