Saturday, January 29, 2011

Langkah untuk membuat jiwa anak kita tahan banting (4)

Agar jiwa anak kita sehat dan tahan banting, kabel kabel syaraf di otaknya harus tumbuh normal.

Menurut berbagai penelitian, ada kaitan erat antara pertumbuhan otak janin dengan gangguan jiwa. Oleh karena itu, kalau kita ingin anak kita mempunyai jiwa yang tahan banting, kita harus mengupayakan agar selama dalam kandungan pertumbuhan otaknya bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai ada kabel urat syaraf yang salah sambung yang akan bisa bikin anak jadi rentan terhadap gangguan jiwa.

Selama hamil, ibu perlu mengendalikan jiwanya, jangan terlalu cemas atau depresi. Ada sebuah software gratis yang dapat dipakai oleh ibu ibu hamil untuk mengendalikan stressnya. software tersebut dibuat oleh Australian national university di http://moodgym.anu.edu.au/welcome 

Agar otak anak kita tumbuh dengan baik, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan perencanaan "prenatal planning" setidaknya 3 bulan sebelum hamil. Tubuh dan jiwa ibu harus sehat dan siap sebelum mulai hamil. Selama hamil, ibu harus sering kontrol kehamilannya sesuai ketentuan kesehatan.
  2. Tunda hamil kalau ibu belum siap hamil. Jangan sampai punya anak yang tidak diinginkan (unwanted child). Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa anak yang tidak diinginkan oleh orang tuanya mempunyai resiko gangguan jiwa 2-3 kali lebih besar dibandingkan dengan anak yang diinginkan dan telah direncanakan kelahirannya oleh orang tuanya. Hal tersebut terjadi karena ibu mengalami kecemasan, stress, kurangnya pemeriksaan kehamilan, dan makanan sehat sehingga mempengaruhi pertumbuhan otak janin.
  3. Minum multi-vitamin 3 bulan sebelum hamil. Hal ini akan mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan rendah yang mempunyai resiko dan rentan terhadap gangguan jiwa.
  4. Upayakan agar  ibu sudah mempunyai berat badan ideal (body mass index antar 18.5-24,9) sebelum kehamilan. Ibu yang sehat akan cenderung mempunyai bayi yang tumbuh sehat. Ibu yang terlalu kurus atau terlalu gemuk kurang baik bagi kehamilan. Berat badan optimal untuk kehamilan adalah BMI 22-23.
  5. Hindari minum alkohol, rokok dan paparan terhadap timbal beberapa bulan sebelum dan selama kehamilan. Polusi udara akibat bahan bakar minyak akan berpengaruh kurang baik bagi pertumbuhan otak anak. Jauhkan ibu hamil dan anak anak dari dry cleaning.
  6. Ayah yang masih muda lebih besar kemungkinannya untuk mempunyai bibit yang baik dibandingkan dengan ayah yang telah berumur tua.
  7. Jarak antar kehamilan sebaiknya cukup (sekitar 2 tahun).
Artikel berikutnya tentang langkah langkah yang perlu dilakukan pada anak anak usia sekolah dasar.

No comments:

Post a Comment