Monday, January 3, 2011

Program "adopsi sekolah", Cara Mhammed Abbad Andaloussi memperbaiki pendidikan di Maroko

Permasalahan pendidikan di Maroko tidak beda jauh dengan permasalahan pendidikan di Indonesia. Meskipun pemerintah Maroko telah menganggarkan seperempat dari anggaran nasionalnya untuk pendidikan, namun hasil pendidikan tetap tidak menggembirakan. Hampir 1 dari 6 siswa sekolah menengah di bawah usia 15 drop out dari sekolah dan hanya 1% lulus dari Universitas. Fasilitas, kelas dan peralatan di sebagian besar dari total sekitar 8.000 sekolah di Maroko membutuhkan perbaikan. Bahan-bahan pelajaran, kurikulum, metode pengajaran sudah ketinggalan jaman. Selain dari pada itu, sistem administrasi di sekolah yang berlaku juga tidak mampu mampu memobilisasi siswa dan anggota masyarakat untuk mengatasi akar penyebab dari masalah pendidikan di sekolah sekolah pemerintah tersebut.


Sepertinya, permasalahan pendidikan di Maroko tidak hanya berlaku di Maroko. Indonesia juga menghadapi masalah serupa. Kualitas pendidikan yang rendah, tidak lebih dari 1% penduduk bisa mencapai gelar sarjana S1, buku sekolah yang selalu gonta ganti setiap tahun, dll. Bagaimana jalan keluarnya? Bagi keluarga kaya, mereka cukup dengan mengirim anaknya ke sekolah swasta berkualitas. Bila perlu kirim anak sekolah ke luar negeri. Selesai persoalan. Bagaimana dengan keluarga tidak mampu?

Mungkin kita bisa belajar dari program adopsi sekolah di Maroko yang dipelopori oleh Mhammed Abbad Andaloussi.

Al Jisr, yang diterjemahkan sebagai The Bridge, didirikan oleh Abbad Andaloussi Mhammed.  Al Jisr bekerjasama dengan semua bagian masyarakat Maroko yang memiliki kepentingan dan keprihatinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Al Jisr telah berhasil mendorong kemitraan publik-swasta yang benar di bidang pendidikan. Andaloussi memulai kolaborasi antara sektor bisnis, sekolah dan komunitas mereka, dan pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan di Maroko.

 
Melalui pameran pasar bisnis biasa  di seluruh negeri, perusahaan di Maroko dapat mendaftar untuk program "mengadopsi sebuah sekolah". Eksekutif perusahaan juga memiliki kesempatan untuk bergabung dengan orang tua, siswa dan guru di Dewan Sekolah untuk memberikan dukungan manajemen dengan melakukan diagnosis kelemahan sekolah, mengembangkan rencana tindakan tiga tahun untuk meningkatkan kinerja, dan memantau kemajuan dengan memakai kriteria objektif. Masing-masing perusahaan menyediakan anggaran tahunan untuk membiayai kegiatan yang diprioritaskan oleh Dewan Sekolah, yang kemudian ditambahi anggaran dari Departemen Pendidikan. Pemerintah dan perusahaan memberikan dukungan dalam bentuk dan, mungkin yang paling penting, manajemen keahlian yang secara dramatis meningkatkan kinerja sekolah. Al Jisr menyediakan bahan-bahan diagnostik, panduan, dan berbagi "praktik terbaik (best practice)" diantara Komite untuk meningkatkan proses dan hasil.


Sebagai seorang pengusaha, Andaloussi menghabiskan sebagian besar waktu luang bekerja dengan orang-orang muda dan mendorong mereka untuk berhasil dalam sekolah. Ia menyadari masalah endemik  siswa di seluruh Maroko. Dalam suatu konferensi internasional, ia belajar tentang  manfaat kemitraan publik-swasta pada sistem pendidikan di negara lain di dunia dan menjadi terinspirasi dengan gagasan untuk menciptakan kemitraan model maroko di seluruh negeri untuk memperbaiki sistem pendidikan.

Andaloussi mulai dengan menggarap sektor bisnis, di mana dia punya latar belakang dan koneksi. Ketika ia berbicara dengan pemimpin bisnis, pertanyaan pertama yang sering mereka lontarkan adalah, "Bagaimana Apakah ini baik bagi kita?" Andaloussi meyakinkan mereka bahwa keterlibatan dengan sekolah akan baik untuk image mereka, daya saing mereka (dengan meningkatkan keterampilan lulusan sekolah yang nantinya bergabung dengan angkatan kerja) dan stabilitas negara.  
Sebagai satu-satunya di antara saudara kandung nya tujuh untuk menghadiri Universitas, Mhammed Abbad Andaloussi memahami bahwa pendidikan adalah kunci untuk kesuksesan masa depan. Andaloussi lahir di Fez dari orang-tua yang buta huruf dan hidup sederhana. Ayahnya memiliki bengkel pertukangan kecil. Andaloussi, putra bungsu, adalah satu-satunya anggota keluarga yang punya kesempatan untuk pergi ke universitas. Pada usia 15 tahun, ia mulai bekerja di kamp musim panas pertanian di Inggris di mana ia mampu menghemat uang untuk membiayai studinya.


Di Indonesia, ide serupa juga sudah diterapkan, namun tidak jalan sebagaimana yang diharapkan. Menurut pengamatan saya, Indonesia perlu pengusaha seperti Mhammed Abbad Andaloussi  yang mampu dan mau meyakinkan pengusaha lain untuk bersama-sama memperbaiki kualitas sekolah di Indonesia. Di tingkat nasional, hal ini sulit dilakukan. Namun saya percaya, banyak pengusaha lokal tingkat kabupaten yang akan mampu meyakinkan pengusaha lokal lainnya untuk meniru Mhammed Abbad Andaloussi. Siapa tahu tulisan ini dapat menginspirasi mereka.

No comments:

Post a Comment