Sunday, January 2, 2011

Saran untuk meningkatan tabungan bulanan di tahun 2011

Pada awal tahun seperti sekarang ini, banyak orang membuat janji janji. Beberapa yang sering disampaikan adalah: menghapus hutang dan hidup mandiri secara keuangan, membeli rumah pertama, dan memulai membuat bisnis. Semua itu memerlukan uang.  Berikut ini adalah saran untuk meningkatkan tabungan bulanan anda yang sebagian saya kutip dari How To Double Your Saving Rate in 2011:


1) Menghitung kekayaan bersih anda pribadi. Anda tidak perlu menjadi seorang jutawan untuk menghitung "kekayaan bersih anda," kata Tami Petrus dari Bottomless Closet NYC, yang membantu wanita yang kurang beruntung dengan nasehat keuangan dan karir mereka. Cukup dengan membuat daftar segala sesuatu yang anda miliki sendiri, termasuk rekening bank, investasi, mobil dan real estate. Kemudian, kurangi setiap hutang, termasuk hutang KPR dan kartu kredit. Hasil pengurangannya berarti jumlah nilai kekayaan bersih anda.. Dengan mengetahui kekayaan bersih anda, hal ini akan dapat membantu memotivasi anda untuk perlahan-lahan meningkatkan dan memberikan wawasan tentang kesehatan keuangan anda secara keseluruhan.

2) Cetak rekening bulanan dan laporan kartu kredit. Petrus mengatakan bahwa dengan melihat pengeluaran dalam tulisan hitam dan putih akan membuka mata kita tentang  kebiasaan kita. "Sangat mudah untuk melihat uang yang dihabiskan pada barang secara serampangan dan hal-hal yang tidak pernah digunakan," katanya. Banyak bank sekarang menawarkan perangkat lunak gratis melalui online account pelanggan yang secara otomatis dapat melacak pengeluaran dan memilah kemana uang dipergunakan.

3) Membuat rencana untuk mengubah kebiasaan Anda. Justin Sinnott, seorang konsultan keuangan di  Charles Schwab, mengatakan bahwa setelah meninjau keuangan anda, saatnya untuk memutuskan apa yang ingin Anda ubah. Misalnya, jika Anda belum memiliki cukup uang ditabungan yang cukup untuk membiayai dana darurat  untuk tiga hingga enam bulan, itu adalah prioritas utama. Situs Schwab menawarkan alat untuk membantu membuat anggaran bulanan gratis.  Alat atau software tersebut juga membantu mengelompokkan pengeluaran anda ke dalam berbagai kategori kebutuhan seperti kredit dan perumahan dan kategori kemewahan seperti makan di restoran dan hiburan.

4) Jangan besar pasak dari tiang. Konsep sederhana ini benar-benar merupakan kunci untuk menyelamatkan sejumlah besar uang. Ini mungkin berarti tinggal di sebuah rumah yang lebih kecil, menunggu untuk meng-upgrade ponsel anda, dan memasak di rumah setiap hari dalam seminggu. Selama anda menjalani gaya hidup yang lebih murah daripada yang anda sebenarnya mampu, anda akan dapat membangun keamanan finansial.

Beberapa saran hidup hemat
  • Hiduplah dengan gaya mahasiswa sampai beberapa tahun (5 tahun) setelah lulus kuliah dan bekerja.
  • Belajar memasak dan kurangi makan di luar. Ketika nikah, istri saya tidak tahu cara menanak nasi. Kini mulai dari soto betawi, rendang, berbagai macam salad hingga spagheti juga bisa dibikinnya dengan rasa sekelas restaurant.
  • Hidup dengan satu kendaraan. Saya selalu beli mobil bekas karena harga mobil sudah jatuh begitu keluar dari show room.
  • Tetap setia dengan HP tua anda.
5) Catat berapa banyak yang anda ingin simpan pada akhir tahun . Tindakan sederhana menuliskan tujuan jumlah tabungan di akhir tahun akan membantu anda mencapai sasaran tersebut. tabungan. Anda dapat menulis di kalender dapur, notes perencana harian, atau pada sebuah situs web seperti MyLifeList.org atau 43things.com . Anda bahkan dapat berbagi di Facebook dan Twitter. Semakin banyak orang tahu tentang hal itu, semakin mereka dapat memberi semangat kepada anda.

6). Tabung diawal bulan. Sisihkan sebagian gaji anda untuk ditabung diawal bulan. Lihat tulisan saya beberapa bulan yang lalu.
Hindari beberapa kesalahan berikut ini:

  • Membuat anggaran bulanan bukan anggaran tahunan. Menurut penelitian, orang cenderung membuat estimasi terlalu rendah dalam membuat perkiraan jumlah pengeluaran per bulan namun mereka bisa lebih akurat dalam membuat perkiraan pengeluaran tahunan.
  • Membeli rumah diatas kemampuan. prinsipnya adalah besar KPR jangan lebih besar dari sepertiga penghasilan keluarga.
  • Melupakan investasi untuk pengembangan karir.
  • Hindari jebakan utang kartu kredit atau jebakan hutang lainnya.
  • Enggan menawar harga atau meminta diskon.
  • Hanya mengandalkan pendapatan dari satu sumber.
Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment