Friday, January 28, 2011

Langkah untuk membuat jiwa anak kita lebih tahan banting (1)

Akhir akhir hidup tidak menjadi semakin mudah. Bencana alam, sulitnya mencari pekerjaan, mahalnya biaya sekolah dan pelayanan, bisa membuat kita stress. Kedepan, kelihatannya hal hal yang bisa membuat seseorang menjadi stress tidak akan berkurang, malahan ada kemungkinan semakin meningkat. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan dan melatih anak kita agar lebih tahan menghadai stress. Kita perlu mempersiapkan anak agar lebih tahan banting menghadapi gonjangan.

Ketahanan sesorang terhadap gonjangan atau tekanan mental berbeda antara satu orang dengan lainnya. Salah satu faktornya adalah genetik atau keturunan. Orang yang mempunyai saudara dekat yang menderita gangguan jiwa (misalnya schizophrenia) lebih rentan terhadap gangguan jiwa. Gambar diatas menunjukkan besarnya resiko terhadap gangguan jiwa schizophrenia dalam kaitannya dengan hubungan kekeluargaan. Meskipun demikian, faktor keturunan bukan satu satunya faktor penentu. Dengan memperkuat ketahanan jiwa, kita bisa menghindari terkena ganguan jiwa.

Apa yang perlu dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak agar bisa tahan banting terhadap goncangan mental?  Bila anda berminat, silahkan kunjungi blog ini sering sering

No comments:

Post a Comment