Wednesday, January 19, 2011

Surat Al Maun dan orang Purworejo mulai makan growol

Ternyata apa yang saya takutkan terjadi. Karena kemiskinan, orang Purworejo terpaksa makan growol. Padahal beberapa hari yang lalu (5 Januari 2011), saya sudah menulis tentang Surat Al Maun dan mati akibat tiwul.

Karena itu, saya ingin mengutip dan mengaitkan dua hal tersebut sekali lagi.

Saya mulai dengan mengutip Surat Al Maun:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Tahukah kamu [orang] yang mendustakan agama? (1)
Itulah orang yang menghardik anak yatim, (2)
dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. (3)
Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (4)
[yaitu] orang-orang yang lalai dari shalatnya, (5)
orang-orang yang berbuat riya’, (6)
dan enggan [menolong dengan] barang berguna . (7)




Berikut ini kutipan tentang orang Purworejo yang makan growol.

Warga Purworejo Mulai Makan Growol


Liputan 6 - Rabu, 19 JanuariKirimKirim via YMCetak.Liputan6.com, Purworejo: Kemiskinan membuat Ahmad Daroni tak mempunyai pilihan. Warga Desa Pletuk Dadirejo, Kecamatan Bagelan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, itu sudah beberapa hari terakhir terpaksa memakan growol, makanan yang terbuat dari singkong. Hal ini dilakukan lantaran dia dan keluarga tak lagi sanggup membeli beras yang harganya terus meroket.
Ketika ditemui baru-baru ini, Daroni mengungkapkan, hampir setengah warga Desa Pletuk mengkonsumsi growol sebagai pengganti nasi. Makanan itu terbuat dari ketela. Dibuatnya cukup mudah. Pertama singkong dikupas, kemudian direndam selama tiga hari. Baru setelah itu dicuci dan dihaluskan, sebelum akhirnya dimasak dan dicetak.
Daroni menambahkan, keluarganya dan warga beralih ke growol karena harganya lebih murah dari beras. Untuk satu keranjang, harga growol hanya Rp 5.000. Itu pun bisa dimakan berhari-hari. "Untuk beli beras, sudah tak sanggup lagi," ujar Daroni.

Apa yang bisa kita lakukan agar kita tidak termasuk orang yang mendustakan agama?

Saya akan kontak adik saya, siapa tahu saya bisa berbuat sesuatu. Syukur kalau teman teman yang punya keinginan yang sama bisa berkoordinasi. Karena saya sekarang lagi jadi TKI, silahkan kontak saya melalui email setiabudi55@yahoo.com atau melalui skype di gunawan.setiadi

No comments:

Post a Comment