Friday, January 21, 2011

10 Teknik menjaga kesehatan jiwa kita

Bila anda mulai sulit berkonsentrasi, sulit tidur, sering sakit kepala, merasa sedih atau semangat berlebihan. Hati hati, mungkin berarti anda harus mulai memperhatikan kesehatan jiwa anda.

Mental Health Foundation, Inggris mengeluarkan pedoman untuk menjaga kesehatan mental kita dalam artikel yang dimuat dalam websitenya: http://www.mentalhealth.org.uk/information/how-to-look-after-your-mental-health/talk-about-your-feelings/ Sebenarnya tidak ada yang baru, cuman kita sering tidak melaksanakannya.
  1. Bicarakan perasaan anda. Talk about your feeling. Membicarakan perasaan yang selama ini membebani otak anda akan meringankan beban. Selain itu, juga anda akan bisa mendapat dukungan dan perhatian. Anda tidak akan lagi merasa harus menghadapi masalah tersebut sendirian
  2. Tetap aktif. Para ahli telah menemukan bahwa dengan bergerak badan (oleh raga, berkebun, jalan jalan di alon alon, bersepeda, dll) akan membuat jiwa kita sehat, lebih percaya diri, memudahkan kita untuk tidur teratur, meningkatkan konsentrasi, dan membuat kita merasa senang dan terlihat lebih menarik. Lakukan gerak badan minimal 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggunya.
  3. Makan yang sehat. Ada kaitan yang erat antara apa yang kita makan dengan apa yang kita rasakan (feeling) dalam jiwa kita. Untuk itu, agar jiwa kita selalu sehat, kita perlu makan yang seimbang: makan banyak serat (buah dan sayuran), banyak minum air, kurangi gula dan garam.
  4. Hindari alkohol, rokok dan obat terlarang. Merokok membuat anda kecanduan tembakau. Merokok meningkatkan resiko anda terserang kanker, sakit jantung/paru paru, dll.
  5. Jaga silaturahmi. Hubungan keluarga yang kuat  dan persahabatan yang erat akan dapat membantu kita menghadapi tekanan dalam hidup. Keluarga dan teman membuat kita tidak merasa hidup sendirian di dunia ini.  Mereka dapatmemberikan pemikiran yang berbeda dari apa pun yang ada  di dalam kepala Anda sendiri. Mereka dapat membantu membuat Anda aktif, membuat Anda tetap berpijak dibumi dan realistis,  dan membantu Anda memecahkan masalah-masalah praktis.
    Silaturahmi tatap muka adalah yang terbaik. tetapi bila sulit, lakukan silaturahmi melalui telpon, sms, ngobrol lewat FB, dll.
  6. Santai sejenak. Ganti suasana atau kegiatan dan bersantai sejenak akan  baik bagi kesehatan jiwa kita. Santai sejenak itu bisa dilakukan dengan beristirahat barang 5 menit ketika kita membersihkan kendaraan/dapur atau 30 menit istirahat makan siang di kantor. Santai selama beberapa menit dapat mengurangi stress.
  7. Kembangkan hobi atau kegiatan yang anda sukai. Lakukan sesuatu kegiatan yang anda sukai dan membuat anda merasa senang. Istri saya menikmati main bowling, latihan piano, sedangkan saya senang menulis di blog ini.
  8. Terima dirimu apa adanya. Ada diantara kita yang pintar bergurau, pintar main gitar, pintar matematika di sekolah, atau pintar berolah raga. Kita semua berbeda-beda dan masing masing pribadi adalah unik. Akan sangat baik bagi kesehatan jiwa kita bila kita bisa menerima diri kita sendiri secara apa adanya. Kita tidak perlu mencoba menjadi orang lain. Merasa senang dengan diri sendiri akan memudahkan kita dalam berteman, belajar ketrampilan baru dan mengunjungi tempat tempat baru. Bila anda ingin memperbaiki diri atau merubah diri, lihat dulu apakah hal tersebut realistis. Lakukanlah perubahan tersebut sedikit demi sedikit. Michael Jackson yang ingin menjadi orang kulit putih adalah keinginan yang tidak sehat.
  9. Peduli pada orang lain. Peduli pada orang lain merupakan salah satu yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga dan meningkatkan silaturahmi. Peduli pada orang lain dapat dilakukan dengan membagikan majalah bekas anda, mengajak anak tetangga dalam rekreasi keluarga anda, mengirim makanan ke tetangga, dll.
  10. Cari bantuan. Kita semua bukanlah manusia super. Kadang kadang bila beban sudah mulai terasa sangat berat dan tak tertahankan lagi, kita perlu mulai minta tolong kepada ahlinya.

No comments:

Post a Comment