Thursday, November 24, 2011

Sharon Adams, setelah pensiun berjuang meremajakan masyarakat kotanya

Sharon Adams
Setelah bekerja dan tinggal di New York, Amerika Serikat selama 30 tahun, pada tahun 1997 Sharon Adams kembali kekota asalnya, Milwaukee. Ternyata, masyarakat kota asalnya, Lindsya Heights kini telah berubah menjadi masyarakat yang rusak dimana banyak kejahatan (gangster), pelacuran dan obat bius. Lapangan parkir penuh sampah tidak terurus dan banyak rumah ditinggal penghuninya dan tidak terpelihara. 

Melihat keadaan tersebut, Sharon Adams tergerak untuk menyusun rencana peremajaan masyarakat. Tiga tahun kemudian dia berhasil mendirikan LSM yang diberinya nama Walnut Way Conservation Corp. LSM tersebut bergerak dalam bidang pengembangan masyarakat, ekonomi dan lingkungan.

Kantor organisasinya bisa menunjukkan apa yang sedang terjadi di Lindsay Heights. Rumah tua yang sudah berusia 100 tahun, dulunya sering digunakan oleh pengguna obat bius dan akan dirobohkan, kini berhasil diremajakan dan dipakai sebagai kantor pusat organisasinya. Rumah tersebut kini menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Selama 10 tahun sejak organisasi tersebut berdiri, sudah lebih dari 50 rumah tua direhab, taman taman diremajakan dan dirawat sehingga bisnis di daerah tersebut kemudian juga mulai tumbuh. Bunyi tembakan yang dulu sering terdengar kini sudah tidak ada lagi. Begitu pula dengan perdagangan obat bius dan pelacuran. Kini masyarakat Lindsay Heights kembali jadi masyarakat yang hidup normal, jauh dari obat bius, pelacuran dan kriminal.

Siapa mau meniru Sharon Adams? Kembali ke kota asal dan mengisi usia pensiun dengan kegiatan sosial pengembangan masyarakat.


No comments:

Post a Comment