Sunday, November 13, 2011

Bruno Serato, memberi makan malam 150 anak miskin setiap hari

Bruno Serato sedang membagikan pasta
Bruno Serato adalah seorang imigran Italia yang datang ke Amerika Serikat sekitar 30 tahun yang lalu. Karena keterbatasan kemampuannya berbahasa Inggris saat itu, di Amerika Bruno Serato bekerja sebagai tukang cuci piring di sebuah restaurant. Pekerjaan tersebut dilakoninya selama kurang lebih 5 tahun. 

Kini, Bruno Serato mempunyai sebuah restaurant mewah yang terkenal dengan masakan Italianya yang enak di daerah Anaheim, California.

Daerah Anaheim, California adalah daerah elite dan kaya. Harga sewa apartment sangat mahal, diluar jangkauan banyak keluarga, khususnya para pendatang dari Meksiko. Biaya sewa apartment dan uang jaminan sering diluar jangkauan mereka yang penghasilannya pas-pasan dengan gaji mingguan. Para pendatang tersebut tinggal di kamar losmen (motel) tua yang mereka bayar dengan sewa mingguan. Satu kamar sering diisi satu keluarga, yang kadang bisa berjumlah 6 orang. untungnya, cukup banyak losmen tua di daerah Anaheim.

Pada tahun 2005, ketika ibunya (Caterina Serato) datang ke Amerika untuk menengok anaknya, mereka baru mengetahui kalau ternyata anak anak losmen (motel kids) tersebut sering tidur malam dengan perut keroncongan. Di sekolah, anak anak tersebut mendapat makan gratis dari pemerintah. Namun karena keterbatasan ekonomi keluarganya, banyak anak anak yang terpaksa tidur dengan perut kosong.

Sejak saat itu, Caterina Serato, menyuruh anaknya untuk memberi makan anak anak tersebut. Pada hari pertama memberi makan gratis kepada sekitar 70 anak, ibunya sendiri ikut memasak masakan Italia untuk anak anak tersebut. Kata Caterino Serato: "Dulu saya membesarkan 7 anak, mereka tidak pernah tidur dengan perut kosong".

Sejak hari itu, setiap harinya Bruno Serato menyediakan makan malam bagi sekitar 150 anak. Hal itu tetap dilakukannya meskipun pada tahun 2008 terjadi resesi dan restaurantnya sepi pengunjung.

"Meskipun pengunjung lagi sepi, tapi karena kita tahu bahwa ada 150 anak yang kita layani, perasaan saya tetap saja bahagia" kata Bruno Serato. "Mereka adalah pelanggan restaurant ini juga"l: anjut Bruno Serato. Hingga kini tidak kurang dari 270 ribu porsi makanan Italia telah disajikan kepada anak anak miskin dengan gratis. Setiap bulannya tidak kurang dari Rp 17 juta dia keluarkan untuk kegiatan amal tersebut.

Pada tahun 2011, Bruno Serato merupakan salah satu dari CNN Heroes.


No comments:

Post a Comment