Saturday, November 19, 2011

Dr Maqbool Mir, pahlawan sejati dari Srinagar, India

Dr Maqbool Mir
Dr Maqbool Mir adalah seorang dokter spesialis THT dari kota Srinagar, negara bagian Kashmir di India yang bergolak. Kashmir yang didominasi muslim merupakan salah satu negara bagian yang tertinggal. Banyak anak yang tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkannya. Begitu pula dengan pendidikan, apalagi pendidikan bagi anak penderita cacat.

Salah satu contohnya adalah Zahar, 16 tahun yang menderita gangguan bicara dan kesulitan melakukan gerakan. Bagi Zahar, sebuah gerakan sederhana atau bicara sudah merupakan suatu pekerjaan yang sangat sulit. Kemampuan motorik lokomotifnya sangat rendah.

Ketika memberikan pelayanan kesehatan, Dr Maqbool banyak menemukan anak anak yang menderita cacat atau gangguan pertumbuhan. Oleh karena, Dr Maqbool Mir sering mengunjungi desa desa dan mengajak temannya sesama dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada mereka.

Kecintaan Dr Maqbool Mir kepada anak anak cacat mendorongnya mendirikan sebuah pusat pendidikan dan rehabilitasi anak anak cacat yang diberinya nama Shafaqat. Di Shafaqat anak anak bisa mendapatkan kasih sayang dan percaya diri. Pusat tersebut saat ini mengkhususkan pelayanannya untuk anak cacat karena gangguan orthopedic, gangguan pendengaran dan bicara serta anak dengan keterbelakangan mental.

Shafaqat mula mula hanya berupa satu ruangan dan peralatan sederhana di Srinagar Medical College. "Saya sering harus meminta-minta sumbangan untuk biaya operasional Shafaqat" kata Dr Maqbool Mir. Kini sudah terbangun sebuah Pusat Rehabilitasi modern diatas tanah dari sumbangan pemerintah.




No comments:

Post a Comment