Tuesday, November 15, 2011

Laporan Kegiatan Bulan Oktober 2011

Segala puja dan puji hanyalah milik Allah SWT. Hingga saat ini, sudah setahun lebih Klinik Umiyah beroperasi. Hanya karena kemurahan Tuhan sajalah maka hingga kini Klinik Umiyah masih bisa tetap ada, tidak bangkrut.

Awalnya, Klinik Umiyah hanya dirancang sebagai sebuah rumah bersalin dengan tenaga bidan yang melayani ibu ibu dari keluarga tidak mampu. Dengan perhitungan bahwa biaya operasional sebuah rumah bersalin yang ditangani oleh bidan masih berada dalam jangkauan kemampuan ekonomi para pengurus yayasan.

Setelah berjalan beberapa saat, ternyata permintaan akan pelayanan persalinan tidak terlalu besar. Permintaan atau kebutuhan akan pelayanan kesehatan umum lebih mendominasi. Hingga akhirnya, dengan membaca Bismillah, Klinik Umiyah juga memberikan pelayanan kesehatan umum.

Sejak semula, pasien hanya diminta mengisi kotak amal. Tidak ada tarif. Semua kekurangan biaya ditutup dari sedekah, zakat dan infaq para dermawan serta infaq (kotak amal) dari para pasien yang berkunjung. Ternyata sudah setahun setahun lebih Klinik Umiyah masih tetap beroperasi. Ini adalah sesuatu yang luar biasa. Tanpa campur tangan Allah SWT,  Klinik Umiyah pasti sudah tutup jauh jauh hari.

Pada bulan Oktober 2011, jumlah pengunjung rawat jalan umum mencapai 677 kunjungan, 26 pasien KB, 27 kunjungan pasien periksa hamil, 2 ibu bersalin dan 8 pasien rawat inap.

Pemasukan dari kotak amal (infaq) dari pasien mencapai Rp 7.831,108. Sumbangan para dermawan mencapai sekitar Rp 10 juta. Pengeluaran selama bulan Oktober 2011 mencapai Rp 17.728,017 sehingga saldo bulan Oktober 2011 berjumlah Rp 9.344.091.

Semoga Allah SWT berkenan memberi balasan berlipat ganda kepada para dermawan sesuai dengan firman-Nya dalam Surat Al Baqarah 261.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment