Saturday, December 11, 2010

Langkah praktis mengatasi hutang bisnis

Mengatasi hutang bisnis tentunya harus sesuai dengan kondisi masing masing perusahaan. Meskipun demikian, ada beberapa prinsip dan langkah langkah umum yang telah terbukti bermanfaat bila diterapkan secara sungguh sungguh. Berikut ini petunjuk rencana praktis mengurangi hutang bisnis menurut Team Technology, sebuah perusahaan konsultan manajemen hutang.

Hutang bisnis memang dapat membantu untuk membangun bisnis anda, membantu pertumbuhan dana atau investasi untuk masa depan. Namun, jika tingkat pinjaman menjadi berlebihan dapat menyebabkan timbulnya banyak masalah, seperti: kehabisan uang tunai, tidak memiliki kontingensi ketika harus berurusan dengan biaya tak terduga, mengurangi nilai bisnis, kehilangan kepercayaan dari para stakeholders (supplier, dll), ketidakmampuan untuk berinvestasi, dan bisa juga mengurangi kualitas jasa / produk

Artikel ini memberikan kerangka kerja dan berbagai gagasan praktis untuk membantu anda mengurangi hutang bisnis Anda.

Ada enam strategi dasar yang dapat membantu Anda keluar dari utang yang berlebihan:
  1. Mengurangi biaya
  2. Meningkatkan pendapatan
  3. Restrukturisasi kewajiban pembayaran hutang
  4. Restrukturisasi aset
  5. Menambah modal
  6. Keluar dari bisnis

Berikut ini beberapa contoh-contoh praktis, meskipun tidak lengkap, tetapi dapat memicu beberapa ide yang dapat diterapkan di perusahaan anda:.

1 Mengurangi Biaya
Ada dua prinsip cara untuk mengurangi biaya: memangkas biaya yang besar di satu tempat atau melakukan pengurangan biaya kecil kecil di berbagai tempat. Untuk menemukan biaya besar yang bisa dihemat, tentukan urutan prioritas dari biaya besar yang ada di perusahaan anda. Prioritas ditentukan dengan mempertimbangkan 2 hal: apakah pengurangan biaya tersebut akan merusak bisnis atau tidak dan berapa besar penghematan biaya bisa didapatkan. Misalnya: ada pegawai senior yang bergaji besar akan segera pensiun. Bila kita tidak akan mengisi jabatan tersebut maka kita akan bisa menghemat biaya cukup besar. Namun bila posisi tersebut tidak diisi dan kemudian akan membuat perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik, maka pengurangan biaya dengan tidak menggantikan pegawai senior tersebut bukan merupakan prioritas untuk dipotong.
Untuk melakukan penghematan di berbagai tempat , anda perlu menetapkan target penghematan (misalnya, 10%) dan kemudian kurangi anggaran masing-masing dengan jumlah tersebut. Kemudian and mengambil langkah-langkah kecil untuk mengurangi biaya, misalnya: mengurangi biaya perjalanan dengan memakai kelas ekonomi bukan kelas bisnis, memilih barang dengan harga lebih murah pada saat saat pembelian, dll.

2 Meningkatkan Pendapatan
Ada berbagai cara untuk meningkatkan jumlah uang agar mengalir ke bisnis Anda, seperti:
a. Meningkatkan penjualan
   Misalnya: melalui meningkatkan pemasaran, melakukan lintas-jual (cross selling) kepada pelanggan yang sudah ada, melakukan penawaran khusus untuk mendapatkan pesanan tambahan atau uang muka, mendapatkan referral dengan organisasi lain / afiliasi
b. Menaikkan harga
c. Mencari sumber pendapatan alternatif
Misalnya: menyewakan ruang kantor yang tidak terpakai, menilai limbah Anda atau produk tidak terpakai dan melihat jika masih memiliki nilai jual, penjualan ruang iklan di situs Anda (misalnya: Google Adsense, YPN, MSN adCenter, afiliasi) atau dalam ruang fisik yang telah tersedia, mendapatkan komisi dari organisasi lain

3 Restrukturisasi kewajiban

'Kewajiban' anda adalah semua hutang anda kepada orang lain. Restrukturisasi kewajiban anda tidak selalu berarti mengurangi jumlah keseluruhan hutang anda, tetapi dapat meningkatkan ketersediaan uang kontan, lebih banyak pendapatan yang bisa dipakai dan / atau mengurangi jumlah utang yang anda butuhkan untuk dipakai sebagai modal kerja.
Sebagai contoh:  negosiasi ulang penjadwalan jangka waktu pembayaran dengan pemasok, menggantikan pinjaman dengan, misalnya: pinjaman yang memiliki tingkat bunga yang lebih rendah, yang dijamin (menggantikan pinjaman tanpa jaminan) untuk mengurangi tingkat suku bunga, pinjaman dijamin (dijamin oleh pemegang saham) untuk mengurangi tingkat suku bunga, dan pembayaran selama periode waktu yang lebih lama, konsolidasi kredit, dana pemegang saham dan tunda kewajiban pajak (ini memerlukan saran spesialis pajak)

4 Restrukturisasi Aset

Aset and adalah semua hal yang dimiliki bisnis anda. Termasuk dalam restrukturisasi aset adalah melepas aset anda. Sebagai contoh: menjual aset yang tidak perlu (misal: surplus / peralatan lama, mobil), mengkonversi aktiva yang diperlukan ke dalam kewajiban: menjual ke perusahaan keuangan dan sewa mereka kembali, gunakan investasi atau uang tunai untuk membayar pinjaman

5. Tambah modal

Anda dapat meningkatkan modal lebih banyak dengan: mengajak lebih banyak investor ( misalnya: modal ventura), menerbitkan saham lebih bagi para investor saat ini, mencari hibah. Juga,lihat daftar aset anda dinilai apakah dapat dikonversi menjadi aset dengan nilai lebih besar. Misalnya, jika Anda memiliki tanah, anda bisa membangun kantor l atau rumah di lahan itu.

6 Keluar bisnis
Saya kira ini opsi terakhir bila cara lain yang lebih baik sudah tidak ada lagi.

No comments:

Post a Comment