Thursday, December 16, 2010

Kelompok Sedekah

Giving circle yang saya terjemahkan sebagai kelompok atau lingkaran sedekah adalah sekelompok orang yang bersama-sama mengumpulkan sedekah dan menyumbangkannya kepada masyarakat disekitarnya atau untuk membiayai suatu kegiatan amal tertentu. Dengan menggabungkan sedekah dari 20-30 orang, dampaknya bisa lebih besar dibandingkan dengan sedekah satu orang. Selain itu, sebagai kelompok, Lingkaran Sedekah dapat mempelajari suatu masalah sosial prioritas dilingkungannya dan mencoba membuat kegiatan untuk mengatasi permasalahan sosial tersebut.
Berikut ini langkah langkah kalau anda ingin membentuk Lingkaran Sedekah, yang saya ambil dari sebuah pedoman untuk membentuk Giving Circles di Amerika:

Langkah 1 - Tentukan tujuan dan struktur orgnanisasi

Langkah awal untuk memulai adalah dengan  mengidentifikasi sekelompok orang yang memiliki minat dan mau bergabung membentuk Lingkaran sedekah. Mungkin mereka adalah teman-teman anda, kolega kerja, atau anggota keluarga. Dalam pertemuan awal, perlu disepakati beberapa hal sebagai beriku:
  • Berapa kali dalam sebulan kelompok akan bertemu?
  • Bagaimana kita akan menentukan fokus pendanaan?
  • Di mana kita akan mengadakan pertemuan?
  • Apakah ada batasan pada jumlah peserta?
  • Seberapa besar kontribusi setiap anggota?
  • Apakah komitmen waktu yang diperlukan untuk setiap anggota?
  • Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengundang fasilitator untuk memimpin diskusi untuk beberapa pertemuan pertama.

 Langkah 2 - Menetapkan misi dan komitmen

Setelah kelompok memulai pertemuan rutin, perlu ditetapkan sebuah misi, panduan pertemuan, menyepakati tujuan umum dan target, bahkan memikirkan nama Lingkaran Sedekah atau kelompok anda. Umumnya beberapa pertemuan pertama dihabiskan untuk membahas dan menyetujui struktur organisasi. Sebagai sebuah kelompok independen, anda dapat mengatur sendiri pedoman operasionalnya.
Hal yang penting untuk dilakukan adalah menentukan jumlah kontribusi wajib dari masing-masing anggota harus membuat lingkaran memberikan. Yang paling penting adalah menentukan jumlah total sedekah dari kelompok. 
Langkah 3 - Tentukan cara mengelola dana

Dianjurkan bahwa semua anggota membuat komitmen jumlah sumbangan atatu sedkah lewat Lingkaran Sedekah pada setiap awal tahun. Ada berbagai pilihan untuk bagaimana kelompok mengatur dan mengelola dana lingkaran sedekah. Misalnya:
  • Membuka rekening bank bersama
  • Bila berjumlah besar, bisa bermitra dengan organisasi yang bertindak sebagai administrator keuangan
  • Mendirikan organisasi berbasis komunitas, misalnya: membuat rumah baca, pelatihan kerjaninan buat ibu ibu dari keluarga tidak mampu, dll.
  • Menyumbangkan  dana sedekah langsung
  • Alternatif lain
Langkah 4 - Menetapkan area fokus
Kelompok Sedekah perlu memutuskan area di mana  kontribusi akan disalurkan. Untuk menentukannya, biasanya diperlukan beberapa kali pertemuan sebelum konsensus bisa dicapai.  Anda mungkin ingin memilih suatu proses untuk menemukan beberapa area umum yang menarik. Mendorong kelompok untuk menetapkan area fokus khusus. Sebagai contoh, jika kelompok tertarik pada isu-isu kesehatan bagi perempuan, masalah kesehatan tertentu yang mana? Untuk usia tertentu? Tentukan wilayah geografis di mana Kelompok Sedekah akan mencari penyedia layanan.
Anda mungkin ingin mengundang "ahli" dalam bidang tersebut untuk menyajikan informasi kepada kelompok anda atau menetapkan anggota grup untuk menyelidiki isu-isu tertentu. Ini adalah area di mana konsensus sangat penting bagi Lingkaran Sedekah.
 Langkah 5 - Membuat kelompok kerja

Setelah fokus kerja ditentukan, perlu dibentuk kelompok atau tim kerja untuk menggarap aspek aspek tertentu yang diperlukan. Misalnya, bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah sosial yang akan digarap oleh Kelompok Sedekah? Organisasi apa yang selama ini sudah bergerak dibidang tersebut, dan lain sebagainya.

Langkah 6 - Menentukan proses dan kriteria untuk membuat keputusan pendanaan

Kriteria apa yang akan dipakai dalam menentukan kepada siapa  sedekah akan diberikan? Bagaimana prosesnya? Apakah mereka harus mengirim proposal atau Kelompok Sedekah yang aktif mendatangi calon penerima sedekah? Proses dan kriteria ini perlu disepakati dan ditentukan bersama oleh anggota kelompok.

Langkah 7 - Menetapkan/mengembangkan kemitraan dengan penerima sedekah

Menentukan bagaimana prosedur atau ketentuan apabila ada anggota kelompok ingin terlibat dalam kegiatan dengan organisasi yang anda danai?  Kelompok harus menentukan kegiatan yang diperbolehkan dimana anggota kelompok akan terlibat. Pengembangan web, keuangan, program perencanaan dan mentoring adalah beberapa contoh dimana anggota kelompok sedekah mungkin terlibat secara langsung.
Langkah 8 - Review potensi penerima

Jika Anda menerima proposal dari organisasi calon penerima sedekah, anda perlu meninjau dan mengevaluasi  proposal sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan pada Langkah 6. Melakukan kunjungan ke organisasi calon penerima dapat membantu dalam memutuskan organisasi mana perlu diberi dana. Kelompok Sedekah harus menyisihkan banyak waktu untuk membahas organisasi calon penerima (hingga lima jam, tergantung pada jumlah proposal yang perlu dikaji).

Langkah 9 - Memberikan sumbangan

Segera setelah Kelompok Sedekah mengambil keputusan, anda perlu segera memberi tahu calon penerima sedekah, dan memberi tahu kapan uang bisa dicairkan. Organisasi lain yang juga mengirim proposal untuk minta [endanaan juga perlu diberi tahu bahwa Kelompok Sedekah belum dapat mendanai kegiatan organisasi tersebut.

Langkah 10 - Evaluasi dampak pemberian dari Kelompok Sedekah

Pastikan untuk meluangkan waktu untuk mengevaluasi tujuan jangka pendek dan jangka panjang dari Lingkaran Sedekah secara teratur. Ini akan membantu mengembangkan rasa kepuasan dengan pekerjaan yang dilakukan dan menunjukkan bagaimana kontribusi anda telah dapat membuat perbedaan. Umpan balik yang jujur dari organisasi mitra penerima sedekah akan selalu menjadi unsur penting dari proses ini. Pastikan jalur komunikasi ini selalu terbuka.

Selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment