Friday, December 31, 2010

Youth Works: wirausaha sosial muda Filipina (3)

Dengan menyediakan alat bagi pemuda akar rumput untuk mengembangkan bisnis mereka sendiri, Audrey Codera sedang mengembangkan pengusaha mandiri dan mendorong orang-orang muda untuk membangun generasi muda Filipina yang peduli sesama.

Pembangunan sosial yang ingin dihasilkan adalah pemberantasan kemiskinan,. Audrey menggunakan keahliannya untuk mendorong orang-orang muda akar rumput, laki laki dan perempuan, untuk membuat hidup mereka lebih baik melalui kewirausahaan. Sebagai lembaga keuangan mikro, YouthWorks menyediakan kredit dengan bunga yang sangat rendah dan tanpa jaminan. Informasi, ide, pelatihan, materi, penelitian, toolkit dan kapasitas kegiatan juga tersedia bagi semua orang yang dapat diakses melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Audrey percaya bahwa ini adalah langkah pertama dalam mengembangkan rasa tanggung jawab, haus akan pengetahuan, inovasi dan keinginan  untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat. Program ini, dimulai dari kota Nanpindan dan Cebu, diharapkan akan dapat menjalar ke masyarakat lainnya.

Ada 85 juta remaja menganggur di seluruh dunia, setidaknya dua kali lebih tinggi dari pengangguran dewasa. Tingkat pengangguran kaum muda di Asia Tenggara dan Pasifik adalah 15,8%. Ada 1,4 juta orang menganggur di Filipina dari total populasi 76,5 juta. Di kota Taguig, Metro Manila, setengah dari 532.641 orang yang berusia antara 15-30 tahun,  33% nya berada di bawah garis kemiskinan. Perusahaan tidak bisa menampung  lagi dengan meningkatnya jumlah lulusan muda. Kurangnya pekerjaan menciptakan rendah diri serius di kalangan orang muda. Kemiskinan dan frustrasi mendorong mereka terjebak dalam kegiatan merusak seperti geng dan kejahatan perang antar geng.

Pengusaha muda akar rumput (grass rumput) menghadapi banyak hambatan untuk menerima kredit karena mereka tidak mempunyai jaminan minimum yang diperlukan oleh sebagian besar bank-bank tradisional. Lain-Lembaga keuangan mikro lain biasanya tidak meminta jaminan, tetapi kebanyakan mengharuskan beberapa persyaratan administrasi yang dapat menghambat proses. Mereka juga memberikan suku bunga tinggi dan biaya pemrosesan. Pasar kredit  gelap menarik suku bunga hingga 20%,.  YouthWorks menyediakan fasilitas yang sama tetapi pada tingkat bunga yang sangat rendah.

Pendekatan kerja Audrey dengan melibatkan orang-orang muda menjadi pebisnis yang berkelanjutan. Sebuah pendapatan yang stabil akan memungkinkan mereka untuk menghidupi diri mereka sendiri dan keluarga mereka. Hal tersebut merupakan langkah pertama yang diperlukan sebelum mengembangkan kesadaran sosial di antara mereka. Proyek percontohan ini awalnya dilaksanakan di kota Napindan tapi kemudain segera diperluas untuk mencakup kota Cebu karena para pemuda disana menunjukkan keinginan kuat dan komitmen untuk turut serta dalam program ini. Dengan kelompok kecil, hasil dapat dengan mudah diukur. Setelah YouthWorks terbukti sukses di kota-kota, skema yang sama bisa direplikasi di bagian lain Filipina.


Audrey dan kelompoknya mengusulkan pinjaman modal awal tanpa jaminan dengan suku bunga yang sangat rendah. Pada September 2007, YouthWorks berencana untuk mencapai 50 pengusaha, pemuda atau perempuan. Setidaknya 60% dari peminjam akan memulai atau mempertahankan bisnis mikro mereka. Sejauh ini, 12 hutang sudah ditawarkan. YouthWorks bekerja sama dengan individu dan organisasi dalam memberikan bantuan kepada pengusaha muda dengan sistem dukungan konkrit melalui toolkit, referensi, program kesehatan. Peningkatan kapasitas program dilaksanakan dengan organisasi-organisasi mitra. Berbagai pelatihan telah dilaksanakan seperti pelatihan perencanaan bisnis dan orientasi dasar tentang apa itu koperasi. Youthworks sekarang berkonsentrasi pada konsultasi perorangan. Dalam waktu dekat, pelatihan akuntansi, pemasaran dan penggunaan ICT akan ditawarkan. Sebuah pasar virtual di mana pemuda dan pemudi bisa menjual produk dan jasa yang akan dapat diakses mulai bulan September 2007.

Sumber utama penghasilan YouthWorks adalah suku bunga dan biaya pemrosesan. Modal tambahan didapat  dari kontributor awal dan dari hibah atau pinjaman. Presentasi kegiatan YouthWorks, terutama dalam dunia akademis digunakan untuk meningkatkan kesadaran di antara masyarakat di Filipina.

Selain Audrey, YouthWorks mempekerjakan 8 orang paruh waktu dan 5 sukarelawan. Audrey memiliki gelar sarjana dalam Humaniora dengan sertifikat dalam Ekonomi Politik. Dia sedang mengambil Master dalam Manajemen Publik di Universitas Filipina. Audrey telah terlibat dalam pekerjaan pemuda selama delapan tahun. Dia mulai dengan pekerjaan sukarela untuk organisasi non-pemerintah, telah berpengalaman bekerja di sektor bisnis dan telah kembali ke gairah - kerja pembangunan pemuda. Dia adalah Ketua  Jaringan Kerja Pemuda Filipina (PYEN) dan telah bekerja sama dengan Komisi Pemuda Nasional dan ILO-Manila . Audrey menerima penghargaan Pemuda GKP dan ICT Award pada tahun 2005.

No comments:

Post a Comment