Saturday, December 11, 2010

10 Kegiatan amal yang murah dan berkah

Ketika kita baca koran atau melihat TV, sering timbul gagasan dan dorongan untuk bertindak. sayangnya. sering kita terjebak dengan ide ide besar dan sulit. Padahal banyak kegiatan kecil yang bisa kita lakukan. Insya Allah akan bermanfaat dan berkah. Kegiatan kegiatan kecil juga tidak akan membuat kita terkenal, sehingga memudahkan kita terhindar dari penyakit ujub dan riya. Berikut ini saya sampaikan 10 kegiatan amal yang murah dan berkah, insya Allah:
  1. Cari keluarga miskin. Kirim makanan (atau beras, uang, buah) dan ajak ngobrol keluarga tersebut.
  2. Datangi sekolah dasar atau madrasah. Tutup uang iuran sekolah dari anak anak yang nunggak pembayarannya. Bila terlalu banyak untuk ditanggung sendiri, ajak teman atau saudara untuk beramal bersama. Terkait dengan kegiatan ini, saya jadi ingat teman (lebih senior) yang bekerja di sebuah departemen di Jakarta. Pada tahun 1998 ketika terjadi krisis ekonomi, dia bayar tunggakan biaya sekolah anak anak di 7 sekolah dasar. Alhamdulillah, balasan dari Allah SWT tidak tanggung tanggung. Beliau sekarang jadi kepala perwakilan salah satu organisasi PBB dengan gaji sekitar Rp 100 juta per bulannya.
  3. Bina tukang sayur (tukang bubur, tukang bakso, atau tukang mie) langganan anda agar  bisa lebih maju jualannya. Bila anda ada dana, berikan pinjaman tanpa bunga untuk menambah modalnya. Bila anda tahu ilmu bisnis, tularkan keahlian anda.
  4. Bayari uang sekolah anak pembantu, sopir (pribadi maupun kantor), cleaning service, satpam kantor, tukang sampah, atau anak dari orang orang kecil di sekitar kita. Bisa juga kita belikan seragam sekolah, tas sekolah, sepatu atau apa saja kebutuhan sekolah mereka.
  5. Datangi bangsal kelas 3 di rumah sakit umum di kota anda. Bawa makanan (kue atau buah) dan doakan agar mereka lekas sembuh. Bila anda mempunyai dana lebih, sumbangkan kepada mereka untuk menutup sebagian biaya (biaya untuk keluarga yang menunggu, biaya transport, dll)
  6. Datangi panti asuhan atau panti jompo. Berikan sedekah sesuai kemampuan anda.
  7. Down load cara pencegahan penyakit (HIV/AIDS, gula darah, tekanan darah tinggi, dll), cetak dan diperbanyak. Sebarkan di tempat tempat umum.
  8. Bikin website gratis untuk mengajak orang beramal sholeh.
  9. Bikin kelompok arisan sedekah. Dengan menggabungkan uang sedekah anda dengan sedekah dari teman teman dan saudara,  sedekah anda akan mempunyai dampak yang lebih besar. Bisa juga dana hasil arisan sedekah tersebut disumbangkan sebagai wakaf. Ingat, pahala dari wakaf akan mengalir terus meskipun kita sudah tidak ada.
  10. Kumpulkan buku buku bekas dan sumbangkan ke rumah baca, sumbangkan mainan anak, anak ke panti asuhan atau tetangga miskin yang memerlukan, sumbangkan baju ke yang memerlukan.

No comments:

Post a Comment