Wednesday, December 8, 2010

Menggalang dana untuk tujuan sosial secara online

Apakah website RB Umiyah mampu menarik dermawan untuk menyumbang? Saya tidak tahu jawabannya.  Selama ini para penyumbang RB Umiyah adalah para dermawan yang sudah kenal dengan pengurus dan sumbangan internal dari pengurus yayasan itu sendiri . Artinya, ada kontak langsung antara pengurus yayasan dengan para dermawan. Ternyata adanya keterkaitan antara dermawan dengan yayasan yang disumbang juga terjadi di AS sesuai dengan hasil studi The On-line Giving Study: A Call to Reinvent Donor Relationship.

Katya Andersen membuat ringkasan hasil temuan yang penting dari study tersebut sebagai berikut:

  1. Penggalangan dana adalah masalah hubungan sosial. Penelitian tersebut memperkuat fakta bahwa kuatnya hubungan antara dermawan dengan organisasi /yayasan mempengaruhi kesediaan menyumbang. Pengalaman dermawan ketika menyumbang kepada suatu yayasan sosial  mempengaruhi loyalitas, frekuensi, dan besarnya sumbangannya. Peningkatan dalam pelayanan kepada dermawan akan meningkatkan jumah donasi.
  2. Di AS, pemberian donasi melalui jaringan sosial (seperti facebook) cukup signifikan, tapi loyalitas para dermawan sangat tinggi terhadap donasi melalui website resmi dari organisasi sosial yang mereka kenal. Loyalitas donor lebih tinggi pada donasi melalui website resmi dari yayasan dibanding melalui website umum (generik) atau portal.
  3. Analisis dari pemberian melalui online secara kumulatif menunjukkan bahwa donor yang menyumbang melalui  website resmi suatu organisasi amal memberi sumbangan dalam jumlah lebih besar dan lebih sering. Dermawan yang menyumbang lewat portal menyumbang dalam jumalh lebih sedikit dan lebih jarang menyumbang.
  4. Sumbangan yang diberikan secara rutin oleh dermawan merupakan sumber utama sumbangan dan hal ini perlu mendapat perhatian pengurus yayasan sosial.
  5. Sumbangan banyak diberikan bila terjadi bencana dan pada bulan Desember (di AS), sedangkan menurut pengamatan saya, di Indonesia banyak sumbangan dikeluarkan selama bulan puasa.
  6. Pemberian sumbangan melalui online banyak dilakukan selama jam kerja.

1 comment:

  1. Kegiatan yang bermanfaat.... Teruskan
    Support banget dengan kegiata semacam ini, moga sukses

    ReplyDelete