Saturday, December 25, 2010

A-Way Express: didirikan dan dikelola penderita gangguan jiwa

A-Way Express Courier adalah sebuah wirausaha sosial dibidang jasa layanan antar paket kecil dan  dokumen di Ontario, Kanada dengan beberapa karakteristik: memakai jasa angkutan umum untuk mengambil dan mengantarkan barang sehingga bersifat carbon neutral (tidak memperparah global warming). A-Way Express Courier didirikan dan juga memperkerjakan mantan penderita gangguan jiwa. A-Way Express Courier yang didirikan pada tahun 1987 memberikan jasa antar paket dan dokumen dalam satu hari. Pelayanannya dapat diandalkan, terpercaya dan dengan biaya murah. Sekarang pelanggannya mencapai 1700 individu dan perusahaan.

Karen Shaw seorang pengantar dokumen di A-Way Express mengatakan, "Di sebagian besar tempat kerja biasanya ada satu atau dua karakter yang sangat menarik atau warna-warni yang menambah kehidupan di tempat itu, tapi di A-Way, semua orang adalah karakter nyata. Tidak pernah ada waktu yang membosankan "Namun, di A Way-mereka juga bisa jujur berkata,"! Karyawan kami memberi kita hari-hari mereka yang terbaik. "Moto karyawan A-Way adalah" Sampaikan tepat waktu, dan lakukan pekerjaan terbaik yang dapat Anda lakukan hari itu". Tidak banyak perusahaan yang bisa membuat klaim seperti itu, terutama di mana penyakit mental merupakan aspek konstan lingkungan kerja.. Anda tahu, A-Way adalah sebuahyang luar  perusahaan kurir biasa - didirikan oleh mantan pasien sakit jiwa dan memperkerjakan pasien penderita gangguan jiwa. Ya, pasien menjalankan perusahaan, dan mereka telah berjalan dengan sukses selama lebih dari 23 tahun, membangun basis kepercayaan lebih dari 1.700 pelanggan.


Saat ini A-Way adalah perusahaan dengan 70 karyawan yang menjamin pengiriman sampai pada hari yang sama-hanya dengan menggunakan angkutan umum. A-Way bukan perusahaan baru, sehingga meskipun pelanggan ingin berbuat amal (menolong penderita gangguan jiwa), namun perusahaan tidak akan bisa bertahan selama 23 tahun bila tidak dapat memberikan pelayanan sesuai perjanjian. Sebagai pelanggan lama Brian Iler, dari firma hukum Iler Campbell, mengatakan, "layanan A-Way selalu konsisten dan dapat diandalkan, cepat dan sopan. Hal tersebut yang kita cari dari layanan kurir". Saat ini pelanggan A-Way mencakup banyak kantor hukum, perusahaan swasta dan perorangan, kesehatan dan pelayanan medis, departemen pemerintah, lembaga sosial, dan asosiasi profesional.

Riwayat perusahaan A-Way bukan kisah sukses sebuah perusahaan kecil yang biasa. Ia adalah bukti dari keuletan dari orang bertekad untuk menaklukkan stereotipe dari seorang penderita gangguan jiwa "menyendiri" dan "tidak bisa bekerja". Tingkat pengangguran orang-orang dengan riwayat psikiatris adalah sekitar 85%, walaupun banyak dari mereka ingin bekerja. Pada tahun 1980an ada gerakan untuk mengembalikan penderita ke masyarakat dengan mengurangi hidup terisolasi di RSJ. A-Way didirikan atas dorongan untuk memberikan pekerjaan yang bermartabat, bermakna untuk para pasien penyakit jiwa. Pasien yang tidak dapat mendapatkan pekerjaan, banyak menghabiskan hari-hari mereka dengan bosan dan tanpa tujuan, sering menyebabkan mereka harus kembali ke rumah sakit. Sangat sedikit dari mereka yang bekerja di A Way kembali rumah sakit. Tetapi jika itu terjadi, mereka tahu bahwa mereka masih punya pekerjaan menunggu mereka ketika mereka keluar. Kehidupan dari anggota masyarakat yang termiskin dan yang paling terpinggirkan, melalui A-Way, kini telah mereka mempunyai hidup yang lebih berarti dan bermakna.

George Karrandjas, A-Way Manajer Akuntansi, mengingat hari-hari sebelum A-Way dibentuk, "Banyak dari kita tidak bekerja selama bertahun-tahun. Atau jika kami bekerja maka dengan gaji yang sangat rendah, dengan pekerjaan yang monoton dan membosankan."
"Dari usia dini," kata George Karrandjas, "Saya selalu merasa bahwa saya tidak cocok dan  kemampuan saya tidak ada. Perlahan-lahan menjadi jelas, melalui dukungan teman sebaya dan mengalami tantangan baru dan keberhasilan, saya sadar bahwa saya memiliki bakat yang telah terendam selama bertahun-tahun. Butuh tempat seperti A Way-yang memungkinkan seseorang untuk memiliki hari-hari buruk tanpa menjadi sasaran cemoohan. Atau untuk dipercaya dengan tanggung jawab yang sepertinya tak terbayangkan selama masa masa gelap. Memiliki kunci ke pintu depan akan menjadi salah satu contoh sederhana. "


A-Way didirikan oleh Jacques Tremblay dan Cynthia Carlton pada 1 Juni 1987 setelah melalui penelitian dan diskusi yang panjang. Mereka tidak mencari kekayaan, kekuasaan dan pengakuan dari seluruh dunia. Mereka hanya ingin menciptakan pekerjaan yang berarti dan untuk memberi gaji  yang wajar. Dengan bantuan dari komunitas pengembang (community developers), Jacques Tremblay dan Cynthia Carlton  pada tanggal 1 Juni 1987, meresmikan berdirinya A-Way Express. Sejak itu, meskipun mereka belum menjadi kaya dan berkuasa, mereka telah mendapat pengakuan di seluruh dunia. Mulai dari Amerika, Inggris,  Irlandia, Jepang, Taiwan, Eropa Timur dan Selandia Baru, serta di Kanada, A-Way telah menjadi perhatian. A-Way tidak hanya diakui sebagai perusahaan bisnis yang selamat "menampung penderita gangguan jiwa", namun juga dipuji karena menjadi bisnis yang sukses yang dikelola oleh staf sepenuhnya  orang-orang yang menghadapi tantangan kesehatan mental sehari-hari dalam kehidupan pribadi mereka. Ini adalah model ketajaman bisnis dan penghargaan kepada kekuatan masyarakat.
Laurie Hall, sekarang Direktur Eksekutif A-Way,imulai bekerja sebagai kurir paruh waktu. "Ketika saya mulai sebagai kurir kembali pada tahun 1991, saya sangat senang karena mendapatkan pekerjaan! Aku hanya terlalu gila untuk bekerja di tempat lain pada waktu dan A-Way sangat akomodatif. Sangat menyenangkan bisa bekerja sama dengan sekelompok orang dimana saya tidak perlu menyembunyikan atau malu dengan penyakit saya. Saya belajar tentang kota, cara membaca buku-buku peta dan mendapatkan alamat. Saya suka bepergian di seluruh kota - pergi ke gedung  yang belum  pernah ke sana sebelumnya, naik ke lantai 64 menara TD Bank dan melihat keluar jendela. Saya mencintai pekerjaan saya".
Melalui A-Way, Laurie terlibat dalam pengembangan advokasi dan kebijakan, dan meniti karir dari peringkat kurir hingga menjadi Direktur Eksekutif. Sebuah keadaan yang jauh berbeda dengan hari-hari ketika ia bau keluar dari bangsal psikiatri, bergerak melalui kabut obat antara rumah-rumah penginapan dan kehidupan di jalanan, sering melamun dan dua kali mencoba bunuh diri. "Ketika saya mengatakan A-Way menyelamatkan hidup saya, saya tidak mengada-ada", kata Laurie, "A-Way benar benar menyelamatkan nyawaku."

Peter Bozoki, sekarang manajer Proyek Bisnis Khusus  di A-Way, juga mulai bekerja sebagai kurir paruh waktu. "Ketika saya mulai sebagai kurir pada tahun 1999, saya hampir tak bisa kerja dua shift seminggu. Saya saat itu  terlalu kecewa dengan kehidupan, kering emosional dan mental mati rasa sehingga tidak bisa kerja secara  produktif. Hari ini saya bekerja lima hari seminggu dengan jam waktu penuh. Ini adalah tingkat kerja yang saya pikir tidak akan pernah saya capai dalam hidup saya dan saya berutang atas keberhasilan ini sebagian besar kepada A Way. A Way  adalah tempat kerja yang berbeda dari apa yang telah ia alami sebelumnya. "Dari hari pertama saya mulai bekerja saya  menemukan rasa toleransi dan suasana akomodatif di mana seseorang tidak perlu merasa malu  atas penyakitnya."
Setelah terbentur dengan berbagai masalah ditempat kerja yang lain setelah lulus universitas, Petrus menemukan pekerjaan di A Way-sebagai tempat kerja yang bermakna, bermartabat dan tidak pernah membosankan. "Setiap hari aku bangun dengan senang hati bahwa saya memiliki tempat kerja yang besar dan dibayar untuk melakukan pekerjaan yang membuat saya bergairah. Bisnis dan Manajemen Proyek Khusus cocok dengan sikap go-getter saya dan memberi saya fleksibilitas untuk merumuskan kebijakan dan membuat "perbedaan nyata, kata Peter. "A Way-telah terbukti dalam kasus saya menjadi resep untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik yang tidak bisa diberikan oleh obat gangguan jiwa."
A-Way Express Courier benar benar sebuah perusahaan ideal bagi penderita gangguan jiwa.

No comments:

Post a Comment