Thursday, December 23, 2010

Contoh Wirausaha Sosial dari Kanada (1)

Ada 3 alasan utama mengapa orang mendirikan wirausaha sosial. Yang pertama karena adanya kebutuhan yang tidak akan bisa dipenuhi oleh mekanisme pasar. Misalnya: menyediakan lapangan kerja buat masyarakat yang terpinggirkan seperti bekas pecandu obat bius, penderita gangguan mental. Potluck Catering and Cafe, The Cleaning Solution dan the Right Stuff adalah contoh perusahaan yang didirikan dengan alasan kategori pertama. Kategori kedua karena ingin mengembangkan misinya, utamanya dibidang kebudayaan atau masalah lingkungan. Strathcona Dental Clinic dan Xa:ytem adalah contohnya. Yang ketiga adalah karena kebutuhan untuk mendapatkan dana bagi kegiatan sosialnya. Contohnya adalah: Penny lane, Atire Property Management. Meskipun demikian, biasanya sebuah wirausaha sosial memiliki ketiga alasan tersebut, hanya titik beratnya yang sedikit berbeda.

Potluck Catering dan Cafe adalah adalah pelopor dalam wirausaha sosial dan model kewirausahaan di Downtown Eastside, Vancouver, Kanada. Potluck Catering dan Cafe juga telah menjadi inspirasi bagi pengembangan dan revitalisasi ekonomi masyarakat. Melalui kegiatan usahanya, Potluck telah langsung meningkatkan kualitas kehidupan  warga masyarakat kalngan bawah didaerahnya.
Potluck mengoperasikan sebuah Café dan perusahaan Katering sepenuhnya secara profesional di jantung kota. Mereka melayani ratusan pelanggan korporasi dan organisasi non profit. Potluck adalah organisasi amal yang terdaftar, pendapatan dari kafe dan katering secara langsung disalurkan kembali ke dalam 5 program  sosial kemasyarakatan  yang terintegrasi ke dalam operasi hariannya.

Kegiatan amalnya berupa:
  • Pelayanan Terpadu Makanan; Pelatihan Life Skills dan Program Kerja yang telah berhasil melatih dan mempekerjakan puluhan warga yang mempunyai  hambatan kerja (pecandu obat, gangguan mental)
  • Program makan  harian yang menyediakan lebih dari 30.000 makanan gratis setiap tahun kepada penduduk dengan gangguan kesehatan fisik dan mental yang berat dan kecanduan narkoba.
  • Program Dapur Masyarakat  yang secara teratur melatih sekelompok kecil warga  untuk belajar memasak tingkat dasar dan keterampilan gizi dan membina hubungan dengan warga lingkungan di sekitar Potluck Café secara hangat dan akrab.
  • Program Resep Sukses yang saham praktik terbaik untuk pekerjaan sosial dan komunitas sukses dengan pengusaha lain yang berminat dalam berhasil mempertahankan kerja untuk sulit untuk mempekerjakan warga kota.
  • Kitchen Table Project yang dengan kemitraan dengan Neighbourhood House bekerja untuk mengidentifikasi, merencanakan dan menerapkan solusi  ketahanan pangan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pilihan kualitas, makanan bergizi bagi warga di wilayah tersebut.
The Cleaning Solution, Vancouver, Kanada juga sebuah wirausaha sosial. The Cleaning Solution adalah perusahaan jasa pembersihan dengan sentuhan sosial yang progresif. Perusahaan The Cleaning Solution ini didirikan pada 2004 dengan dua tujuan utama, yaitu untuk menyediakan:

  • jasa pembersihan ramah lingkungan yang terbaik yang ada untuk pelanggan di daerha Low Mainland, Vancouver.
  • Memberikan kesempatan kerja bagi penduduk lokal yang mengalami penyakit mental, namun sekarang telah siap untuk kembali bekerja.

Sejak awal the Cleaning Solution telah memiliki reputasi dalam hal  kualitas layanan dan telah memberikan kesempatan kerja kepada orang yang sembuh dari penyakit jiwa sehingga memungkinkan mereka untuk kembali membangun kepercayaan diri mereka, kembali memiliki tujuan hidup, dan meningkatkan kualitas hidupnya. The Cleaning Solution sangat bangga dengan kedua prestasi tersebut.



No comments:

Post a Comment