Thursday, December 23, 2010

Contoh Wirausaha Sosial dari Kanada (2)

Saya teruskan contoh wirausaha sosial dari Kanada. Siapa tahu ada yang terus tergerak untuk bikin wirausaha sosial di Indonesia.

Ther Right Stuff adalah sebuah wirausaha sosial di kota kecil Trail, West Kootney, British Columbia, Kanada. Mereka bergerak dalam pelatihan dan penempatan kerja bagi para pemuda (umur 18-30 tahun) yang mempunyai hambatan untuk mendapatkan pekerjaan. The Right Stuff yang didirikan pada tahun 2002 mencari dana dengan mengelola pendistribusian koran dan berbagai brosur di  Kota Trail dan wilayah sekitarnya. Jumlah koran yang diantarkan mencapai 5.500 koran per hari dan sekitar 200.000 brosur per minggu. Dalam 6 bulan pertama mereka merugi. Namun setelah itu bisa beroperasi dengan lancar.

Para pemuda yang kesulitan mendapatkan pekerjaan (karena masalah umur, kurangnya ketrampilan dan pengalaman kerja) akan dikaryakan sebagai pengantar koran di pagi hari selama sekitar 3 jam per harinya. Sisa wwaktu yang ada dimanfaatkan oleh The Right Stuff untuk melatih mereka dengan ketrampilan kerja. Selain itu, mereka juga mendapatkan bimbingan dalam dasar dasar life skills, pengalaman kerja dalam tim, kepemimpinan, dan ketrampilan lain yang diperlukan agar mereka bisa diterima bekerja di perusahaan yang bisa memberikan penghasilan yang layak. Setiap pemuda harus membuat Rencana Pengembangan Diri. Pelatih dan pembimbing membantu para pemuda tersebut mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan sendiri.

Sejak didirikan hingga sekarang tingkat kesuksesan The Right Stuff mencapai 73%. Program dikatakan sukses bila para pemuda pengantar koran tersebut kemudian bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau melanjutkan  sekolah atau mengikuti pendidikan ketrampilan formal lainnya.

Strathcona Dental Works memberikan pelayanan kesehatan berkualitas secara menyeluruh kepada keluarga diwilayahnya. Keistimewaannya, mereka juga memberi santunan kepada keluarga tidak mampu. Sebagai contoh, belum lama ini mereka menyantuni seorang ibu dengan 6 anaknya. Setiap bulan Strathcona Dental Works memberikan kebutuhan makanan bagi keluarga yang mereka santuni. Dr Bryce Adamson dari Strathcona dental Works juga aktif dalam organisasi Kindness in Action yang memberikan pelayanan kesehatan gigi ke beberapa negara di Amerika Latin. Kindness of Action didirkan oleh Dr Amil Shapka pada tahuin 1993 di kota St paul, Alberta , Kanada.

Atira Property Management Inc adalah sebuah perusahaan properti management profesional biasa yang memberikan berbagai layanan properti, seperti: strata corporation; site management dan support service untuk non-profit housing yang dipunyai oleh Atira Women Association;  manajemen aset, keuangan, manajemen lingkungan dari properti milik koperasi; dan juga mengelola properti milik swasta yang disewakan. Uniknya, semua keuntungan dari Atira Property Management diserahkan ke Atira Women Resource Society. Atira Women Resource Society adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang memberikan layanan kepada ibu atau anaknya yang mengalami kekerasan.

No comments:

Post a Comment