Friday, December 31, 2010

MTC: Wirausaha sosial muda Filipina (2)

Mobile Telecenter (MTC) menyediakan pelatihan keliling ICT bagi para siswa di Manila dengan menggunakan mobile telecenters, yang dilengkapi dengan ponsel, laptop dan printer. Perusahaan MTC membiaya kegiatannya dari menjual layanan ICT  dari unit yang sama. MTC berusaha untuk mendidik para pemuda menjadi  kreatif, independen, kompeten dan produktif melalui pelatihan ICT. Setelah periode awal pelatihan, MTC staf akan membantu menghubungkan pemuda dengan beasiswa, dan pekerjaan di bidang IT sebagai pemula. Ini akan membantu meningkatkan pasar tenaga kerja dan berkontribusi untuk keberlanjutan industri IT di Filipina.

MTC mengambil pendekatan bisnis yang sepenuhnya inovatif dalam pengembangan keterampilan ICT. Saat ini, tidak ada unit mobile telecenter yang beroperasi di Filipina. MCT telah merekayasa model yang memungkinkan mereka untuk memberikan pelatihan ICT langsung ke sekolah awalnya di wilayah perkotaan Manila

eTrike
MCT telah menciptakan telecenter sepenuhnya tanpa kabel, dibangun sepenuhnya diatas sepeda motor roda tiga , yang mereka sebut sebagai "eTrike". ETrike ini sepenuhnya mandiri, mobile, nirkabel telecenter yang berkeliling  ke komunitas urban di Manila dan menyediakan akses untuk para pemuda berpartisipasi dalam teknologi baru digital ICT, pelajaran komputer dasar dan pengantar ke internet. MCT mampu bertahan secara  finansial dan berkelanjutan melalui penjualan IT dan telekomunikasi layanan terkait.

Pengetahuan dan ketrampilan ICT adalah suatu keharusan untuk pemuda hari ini, tapi sebagian besar dari  43 sekolah menengah di manila, dengan 2000 siswa, memiliki sedikit akses ke komputer karena pemerintah tidak cukup dana. Akibatnya siswa kesulitan ketika mencari pekerjaan di setiap lapangan kerja sektor  profesional dan benar-benar menghambat dari partisipasi para pemuda dalam negara dengan IT, call center dan industri outsourcing yang sedang tumbuh

MTC melatih tiga puluh siswa sehari, dari empat puluh sekolah, sampai 6000 pemuda (4% dari populasi siswa) dilatih dalam keterampilan ICT. Program pelatihan termasuk pengantar pelajaran dasar keterampilan komputer dan internet dan juga pengenalan komprehensif Teknologi ICT digital modern.

MTC mampu tetap stabil secara finansial dengan menjual produk TI dan telekomunikasi dan memberi layanan, seperti ponsel (termasuk memperbaiki layanan, aksesori, dan kartu prabayar), nirkabel dan panggilan ke telpon rumah/kantor, tempat perbaikan layanan untuk komputer pribadi, fotografi digital dan pencetakan, penulisan CD, merancang kartu dan pencetakan, serta men-download data.

Layanan dan produk terutama dipasarkan untuk sekolah-sekolah di Manila, tetapi pemerintah lokal juga merupakan bagian dari strategi pemasaran.

Proyek MTC mulai dengan modal 1.500 USD sumbangan dari donor swasta, pemerintah dan investor. Diharapkan di tahun 2010 proyek MTC akan mulai bisa mandiri, melalui campuran keuntungan dan hibah.

MTC didirikan oleh Christine S. Lopez yang dibesarkan di Cainta, Rizal di Filipina. Dia mendapat Bachelor of Science di bidang administrasi bisnis dengan fokus dalam manajemen teknologi informasi manajemen.

No comments:

Post a Comment