Saturday, December 25, 2010

The Choice is Yours, organisasi penolong para tuna wisma

James Smallwood pernah menjadi tunawisma dan kecanduan obat bius. Menyadari bahwa ia bisa mati di jalanan, ia pergi ke pusat rehabilitasi dan berjanji kepada Tuhan bahwa jika ia dapat sembuh, ia akan membantu orang lain. Pada tahun 1980an James Smallwood tinggal dirumah kosong dan makan sisa restaurant. Smallwood mengalahkan ketergantungan kokain dan kini memenuhi sumpahnya melalui organisasi nirlaba yang ia dirikan untuk melayani mantan narapidana, pecandu narkoba, dan para tunawisma di Philadelphia dan Camden, New Jersey, Amerika. Organisasinya, Choice is yours, mempunyai program  magang bekerja di perdagangan dan konstruksi, sambil membantu mereka dengan latihan membaca, matematika, dan keterampilan untuk mendapatkan pekerjaan.

Organisasi Choice is Yours yang didirikan pada tahun 1997 ini memberikan pelatihan gratis, manajemen kasus ketergantungan obat, dan penempatan kerja di Philadelphia dan Camden, New Jersey, bagi mantan napi, pecandu narkoba, dan tunawisma. Program pelatihan berlangsung selama 13 minggu dengan pelatihan ketrampilan dalam bidang pertukangan kayu, perpipaan, Smallwood mengatakan sekitar 600 lulusan telah mendapatkan pekerjaan yang baik di berbagai perusahaan, dan 82 persen masih tetap bekerja selama dua tahun setelah "lulus" dari Choice is Yours.

Ketika James  Smallwood melihat kebelakang kehidupan nya sendiri yang telah berjalan serba salah. Sukses dalam athletic dan akademik di sekolah menengah tingkat atas memungkin pria asli kelahiran Philadelphia pada jalur untuk mendapatkan beasiswa Princeton University, tapi ia harus melewatkan kesempatan tersebut karena ayahnya meninggal dan James Smallwood harus mendukung ibu dan saudaranya. Ia bekerja  sebagai seorang manajer penjualan di sebuah dealer mobil Lincoln Mercury yang harus berakhir di tahun 1970an karena krisis ekonomi akibat krisis minyak di Amerika di tahun 1970-an.

Pada saat itu, sebagai seorang ayah dari dua putri, James Smallwood kemudian bekerja di bidang konstruksi untuk dekade berikutnya, sebelum jatuh ke dalam transaksi narkoba dan mengakibatkannya pada kecanduan kokain yang sangat merusak. Pada tahun 1989, ia bersih dari ketergantungan obat bius dan tetap bersih sejak itu hingga sekarang

Lima tahun kemudian, James Smallwood mulai memberikan ceramah motivasi di sekolah-sekolah dan pusat-pusat komunitas. Seseorang menyarankan agar dia mendirikan dan mengoperasikan sebuah organisasi  nirlaba. Sejak itu lahirlah Choice Is Yours. Sebuah ungkapan yang menghunjam kedalam hatinya , katanya, karena "kita semua mempunyai pilihan dalam hidup ini. Saya telah membuat  pilihan buruk. Kita bisa membuat pilihan buruk, tetapi kita juga bisa membuat pilihan yang baik."

James Smallwood melihat sekelompok ibu-ibu tunggal di Camden yang telah membeli rumah-rumah kumuh yang murah. "Para wanita melacurkan diri dengan kontraktor untuk mendapatkan perbaqikan saluran pipa" kata James Smallwood. Dengan hibah senilai $ 5.000, ia mengajar para wanita ketrampilan reparasi perbaikan pipa tingkat dasar dan keterampilan pertukangan sehingga mereka bisa melakukan perbaikan sendiri.

Pengalaman itu menjadi inspirasi untuk program kursus 13-minggu. Saat ini program pelatihan berjalan setiap kali Smallwood mendapatkan dana hibah untuk itu - biasanya tiga atau empat kali setahun. Pelajaran  berjalan lima malam seminggu dan fokus pada kemampuan matematika dan membaca, paket persmaan SLTA, dan pelatihan ketrampilan. Kadang-kadang siswa belajar di tempat dimana sedang dialkukan restorasi rumah yang dilakukan oleh perusahaan milik Smallwood, JES Construction. (Dia juga menjalankan perusahaan nirlaba, Innerbridges Technology, yang melatih remaja dan dewasa muda bagaimana untuk mengoperasikan peralatan video dan kamera.)

James Smallwood telah berbuat sesuatu, sesuai janjinya, menolong tuna wisma dan pecandu obat bius.

No comments:

Post a Comment