Tuesday, December 14, 2010

Beli satu pasang sepatu, menyumbang satu pasang sepatu

Ketika liburan ke Argentina pada tahun 2006, Blake Mycoskie, pendiri perusahaan Tom Shoes di Los Angeles, Amerika, melihat masih banyak anak anak di kampung di luar kota Buenos Aires yang tidak bersepatu. Dia tergerak untuk membantu. Dia bercita-cita untuk menyumbang 10,000 sepatu ke anak anak miskin.

Dia pikir, bukan pekerjaan gampang meminta sumbangan sepatu atau uang untuk disumbangan ke anak miskin. Akhirnya dia putuskan untuk bikin perusahaan sepatu saja. Blake Mycoskie bersumpah bahwa setiap satu sepatu terjual, dia akan menyumbang satu sepatu ke anak anak miskin. Dari cita cita semula ingin mencari sumbangan untuk 10,000 sepatu, hingga April 2010 dia berhasil menyumbang 1,000,000 pasang sepatu.

Blake Mycoskie memang punya jiwa wirausaha. Dia memulai bisnis ketika berumur 18 tahun. Pada umur 33 tahun, dia telah mempunyai 5 perusahaan. Ketika dia ingin membuat perusahaan sepatu, salah satu bisnisnya, perusahaan perangkat lunak, dia jual untuk membiayai pembangunan perusahaan sepatu tersebut. Ternyata tanggapan masyarakat sangat positif atas idenya, menggabungkan bisnis dengan sedekah. Blake Mycoskie telah menciptakan bisnis model baru.

Kini hari harinya lebih banyak dijalaninya dilapangan, membagikan sepatu kepada anak anak miskin yang membutuhkan. Pegawainya yang telah bekerja di perusahaannya dan berprestasi, diajaknya juga untuk membagikan sepatu produksi perusahaannya. Hal tersebut ternyata mampu membuat karyawan menjadi lebih produktif dan mempunyai perasaan memiliki yang tinggi.

 

No comments:

Post a Comment