Sunday, December 19, 2010

Chipmunka Publishing: Penerbit buku karangan penderita gangguan jiwa

Pada tahun 1992 ketika berumur 17 tahun Pegler Jason terserang mani-depresi dan  dirawat selama 6 bulan di rumah sakit jiwa Hill Coney di Gloucester, Inggris. Ketika itu, dia pikir dia  mempunyai 5 juta tablet ectasy yang akan dipergunakannya untuk menciptakan perdamaian dunia. Ketika sadar ternyata dia sedang berada di rumah sakit jiwa. Pegler Jason akhirnya bisa menyelesaikan kuliahnya dalam bidang studi klasik di Universitas Manchester pada tahun 1998.

Sejak dirawat di rumah sakit jiwa, Pegler Jason ingin menyampaikan pemikirannya tentang penyakit jiwa dari sisi pandang seorang penderita. Namun diperlukan 4 kali kambuh sebelum dirinya berani tampil. Pada tahun 1998 dia menerbitkan sebuah buku karangannya berjudul "A Can of Madness". Dua buku lain karangannya adalah "Curing Madness" dan "The Ultimate Guide to Wellbeing".

Pada tahun 2002,  Jason Pegler mendirikan Chipmunkapublishing "Penerbit Kesehatan Mental", sebagai sebuah wirausaha sosial, yang memberikan kesempatan kepada pengguna pelayanan kesehatan mental untuk bersuara. Kini Jason adalah seorang Pengusaha Sosial, Pembicara, Public Writer, Rapper dan Publisher. Jason adalah salah satu pembicara di bidang pemberdayaan kesehatan mental yang paling inspirasional di dunia. Dia menggunakan pengalamannya sendiri sebagai penderita kesehatan mental sebagai kekuatan positif, dan mengelola Penerbit Chipmunka untuk memberdayakan penderita gangguan jiwa.  .
Dalam sebuah wawancara Pegler Jason berkata: "Tujuan hidup saya adalah untuk membantu orang lain dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Chipmunkapublishing menceritakan kebenaran tentang bagaimana orang-orang dengan masalah kesehatan mental diperlakukan oleh masyarakat, sistem kesehatan mental, dan negara.  Saya ingin orang lain untuk mengikuti jejak saya dan membantu Chipmunkapublishing memecah tabu tentang kesehatan mental sekali dan untuk semua. "

"Dengan mengatakan kebenaran tentang masalah-masalah kesehatan mental mereka, penderita mampu menghadapi penghinaan dan orang tua/wali dapat mengetahui cara terbaik untuk membantu orang yang mereka cintai. Menulis dan membaca buku-buku tentang pengguna pelayanan kesehatan jiwa adalah proses katarsis yang sangat penting untuk pengurangan stigma dan diskriminasi.  Penerbitan buku juga membantu memberikan wawasan kepada staf/petugas kesehatan jiwa. Mereka dapat mengungkapkan bagaimana perasaan mereka sebagai pasien dan merupakan penguat moral untuk menunjukkan kepada staf bahwa penderita dapat menjadi lebih baik ".

Kini toko online Chipmunka Publisihng menjual karya seni (lukisan asli, lukisan dalam file pdf dan cetakan laser)),  multi media (album musik, audio book, rekaman puisi, interview, dll), buku dan e-book.

No comments:

Post a Comment