Sunday, December 5, 2010

Wirausaha sosial bagi penderita gangguan mental

Apabila diharuskan bersaing secara bebas untuk bisa mendapatkan pekerjaan, para penderita gangguan mental pasti akan kalah. Apalagi disaat seperti sekarang ini, dimana banyak tenaga terdidik. menganggur. Hampir tidak mungkin para penderita gangguan mental mendapatkan pekerjaan yang layak. Mereka memerlukan dukungan dari pemerintah, perusahaan, masyarakat, teman dan atau saudara agar bisa berpartisipasi dalam kerja dan hidup produktif.
Dalam laporan hasil study tentang Tackling Mental Health Issues Through Entreprise yang dapat di download disini, Jacqueline Fisher,dkk memetakan sebuah jalur agar seorang penderita gangguan jiwa bisa mendapat pekerjaan. Pada intinya, seorang penderita gangguan jiwa memerlukan dukungan agar siap bekerja melalui program: (a) day activity and support, atau (b) work rehabilitation, atau (c) program pendidikan, atau (e) Work preparation and occupational skills training. Melalui program tersebut, kemudian penderita gangguan jiwa perlu terjun ke program penempatan kerja melalui: (a) gradual steps into open employment, atau (b) employment with support, atau (c) self employment, dan (e) Open employment.

Coast Mental Health Foundation yang didirikan pada tahun 1972 memberikan pelayanan kepada penderita gangguan jiwa sekeluarnya mereka dari rumah sakit. Coast memberikan pelayanan yang paripurna, yang meliputi: pelayanan perumahan, cuci pakaian (laundry) , makan, pelatihan life skills, perumahan, rahabilitasi sosial, rekreasi dan pekerjaan. Coast Mental Health Foundation juga mempunyai dua wirausaha sosial: Sewing with Heart dan Landscaping with Heart.

Forth Sector adalah salah satu dari wirausaha sosial di Inggris yang terkemuka. Forth Sector mempunyai tiga komponen bisnis, yaitu pelayanan persiapan penempatan kerja bagi penderita gangguan jiwa, pemberian pekerjaan melalui wirausaha sosial yang dipunyainya, dan konsultasi manajemen kepada wirausaha sosial lainnya. Dalam pelayanan penempatan kerja, Forth Sector memberikan pelayanan kepada penderita gangguan jiwa agar mereka dapat memperoleh pekerjaan seperti dukungan sebelum kerja, dukungan pelayanan kesehatan, pelatihan ketrampilan, program pengalaman kerja, dan dukungan selama mereka bekerja.
Forth Sector juga mempunyai beberapa wirausaha sosial, seperti perusahaan sulaman Edinburgh Embroidery Services, pabrik sabun, lanudry, dan penginapan. Selain itu, Forth Sector juga memberikan layanan konsultasi manajemen kepada wirausaha sosial untuk memulai, dan mengembangkannya lebih lanjut.

Insya Allah, saya dan kawan kawan lagi merintis usaha kesana. Sebuah kegiatan sosial bagi penderita gangguan jiwa yang sudah mulai pulih dengan menyediakan pelayanan berupa pelatihan ketrampilan kerja, asrama, dukungan pelayanan kesehatan dan kesempatan kerja melalui wirausaha sosial. Saat ini yang terpikir adalah wirausaha sosial dibidang jahit menjahit (tas jinjing/tangan, baju, dll), peternakan dan makanan jadi (misalnya ayam goreng). Tentunya wirausaha sosial tersebut tidak akan bisa berjalan tanpa dukungan dari bapak, ibu dan saudara sekalian.

No comments:

Post a Comment